Manfaat Wudhu Bagi Kaum Hawa

Kontribusi dari Widianatalia, 25 Mei 2018 13:15, Dibaca 498 kali.


MMCKalteng –  Wudhu adalah mensucikan anggota badan tertentu dengan air untuk menghilangkan hadas kecil. Wudhu wajib dilakukan saat akan melakukan ibadah shalat. 

Dengan rutin melakukan wudhu maka aura kecantikan akan semakin terpancar. Beberapa manfaat wudhu untuk kecantikan yaitu :

(Baca Juga : TPA sebagai Daerah Tujuan Kunjungan)

1. Pori-pori Wajah Mengecil

Dengan melakukan wudhu membuat intensitas wajah semakin bersih. Karena apabila wajah sering terkena air secara rutin maka akan menurunkan suhu pada wajah. Suhu yang normal pada wajah akan secara otomatis membuat pori-pori wajah mengecil dengan sendirinya. Sehingga tidak perlu khawatir dengan kemungkinan produksi minyak berlebih.

2. Mencegah Penuaan Dini

Saat melakukan wudhu kita mengusap bagian wajah yang dapat membuat urat urat wajah tidak tegang dan menyehatkan. Hal ini termasuk sebagai salah satu olahraga wajah yang dapat mencegah penuaan dini atau memperlambat terjadinya pengeriputan kulit wajah.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Peredaran darah yang lancar merupakan kunci dari kesehatan tubuh. Peredaran darah yang lancar juga dapat membantu mempercepat regenerasi kulit dan menunjang suplai oksigen didalam tubuh dabat mengalir secara stabil . Selain itu, regenerasi kulit berguna untuk mengganti sel-sel kulit lama yang sudah mati (biasanya ditandai dengan munculnya flek hitam) dengan sel kulit baru yang masih segar dan sehat.

4. Mencegah Bau Mulut

Bau pada mulut merupakan salah satu masalah yang muncul saat menjalani ibadah puasa.Bau mulut bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti adanya jamur dan bakteri dalam mulut ataupun sehabis memakan-makanan yang memiliki aroma yang tajam. Hal ini dapat diatasi dengan berwudhu, karena pada saat berwudhu akan berkumur dengan air hingga bersih. Pada saat berkumur, bakteri dan jamur yang ada didalam mulut akan ikut terbuang dan keluar dari mulut. Sehingga dapat mengurangi kemungkinan mengalami masalah mulut.

5. Mencerahkan Kulit

Berwudhu akan membuat kulit semakin cerah dan akan terlihat tampak lebih kenyal dan tidak mudah kusam. Selain itu, dengan berwudhu akan mengusir sisa-sisa kotoran yang menempel di kulit. Karena jika sisa-sisa kotoran itu tidak dihilangkan maka akan menimbulkan flek hitam yang dapat membuat kulit kusam, dan memicu pertumbuhan jerawat.

 

6. Membuat Otot Rileks

Otot yang tegang membuat wajah tidak nyaman dipandang dan dapat mempercepat kulit menjadi keriput. Hal itu sering kali disebabkan oleh kesibukan saat bekerja. Selain itu otot yang terbiasa tegang dalam waktu yang lama dapat mempercepat kulit menjadi keriput. Berwudhu adalah salah satu cara yang efektif untuk merilekskan otot wajah.

 

7. Mencerahkan dan Menyehatkan Mata

Mata adalah salah satu organ tubuh yang memiliki tingkat kesensitifan yang cukup tinggi. Selain itu, memiliki mata yang bersih dan bersinar adalah salah satu dari kecantikan pula. Apabila terkena debu, atau terlalu lelah mata dapat terlihat memerah ataupun timbul kantong mata. Hal tersebut dapat diatasi dengan melakukan wudhu. Mata akan terbasuh oleh air yang akan membersihkan mata dari debu dan berbagai macam kotoran dan juga dapat menyegarkan dan merilekskan otot mata.

8. Mencegah Penyakit Kulit

Wudhu bermanfaat untuk mencegah penyakit kulit. Karena pada saat berwudhu bakteri dan jamur yang melekat pada kulit anda terusir dengan bersih.

 

9. Membuat Tangan Bersih

Tangan yang selalu bersih salah satu cara menjaga kesehatan. Dengan melakukan wudhu, tangan tidak akan menjadi sarang dari bakteri untuk menempel, sehingga tidak perlu risau apabila sewaktu waktu ingin menyentuh bagian wajah anda atau kulit yang sensitif.

Widianatalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Artikel
Artikel
Artikel
Artikel
Artikel
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook