Pahlawan Kalimantan Tengah

Kontribusi dari Ahmad Saifuddin, 23 Mei 2018 11:20, Dibaca 6,060 kali.


MMCKalteng – Masyarakat Indonesia mempuyai begitu banyak pahlawan yang terkenal dalam membela dan melawan penjajahan bangsa asing yang menindas serta memeras kekayaan alam nusantara. Dari daerah Aceh sampai pada Papua, begitu banyak pahlawan yang berani mengorbankan segalanya demi mempertahankan kehormatan daerahnya masing-masing.

Tetapi para tokoh dan pejuang dari kalangan suku Dayak masih belum banyak yang terdengar ataupun dikenalkan oleh pemerintah, padahal masyarakat Dayak pada masa perang dengan penjajahan, ikut serta dalam membela dan mempertahankan daerah mereka dari serangan bangsa asing.

(Baca Juga : Kemenangan dalam Kompetisi)

Pahlawan Dayak yang jarang kita ketahui Temenggung Suropati ia merupakan kepala suku Dayak Bakumpai pada saat itu menyerang benteng Belanda di Muara Teweh itu pada akhir tahun 1865,tetapi karena kekuatan pertahanan Belanda cukup besar, usahanya tidak berhasil. ia kemudian bergerak bersama pasukannya menuju Sungai Kawatan.

Pahlawan Dayak yang sering kita ketahui Marsekal Pertama TNI (Anumerta) Tjilik Riwut adalah satu pahlawan nasional Indonesia salah satu putera Dayak dari suku Dayak Ngaju yang menjadi anggota KNIP. Perjalanan dan perjuangannya kemudian melampaui batas-batas kesukuan untuk menjadi salah satu pejuang bangsa. (sumber:net)

 

Ahmad Saifuddin

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook