Manfaat Berolahraga di Bulan Puasa

Kontribusi dari Widianatalia, 23 Mei 2018 07:56, Dibaca 1,100 kali.


Saat menjalankan ibadah puasa terjadi perubahan rutinitas sehari-hari meliputi bangun lebih pagi untuk sahur, menjalankan puasa sejak terbit fajar hingga terbenam matahari, dan beribadah pada malam hari. Dengan adanya  rutinitas ini tentunya kita diharapkan tetap memiliki tubuh yang bugar, agar dapat menjalani ibadah dengan lancar.

Salah satu cara untuk menjaga kebugaran tubuh kita selama bulan puasa adalah dengan berolahraga. Olahraga terbukti dapat meningkatkan penyerapan glukosa ke dalam sel otot, sehingga dapat membuat tubuh terasa lebih segar.

(Baca Juga : Pabrik Cerdas Rakyat)

Olahraga yang dilakukan saat menjalani puasa disesuaikan dengan intensitas ringan–sedang. Mengingat pada saat berpuasa tidak ada asupan gizi yang masuk kedalam tubuh.  

Waktu untuk berolahraga sebaiknya dilakukan pada sore hari agar stamina tubuh lebih terjaga. Memilih jenis olahraga yang tepat juga sangat penting. Selain itu, penting untuk tetap memperhatikan kebutuhan tubuh akan nutrisi yang baik. Perbanyak asupan protein, serat, dan cukupi kebutuhan cairan tubuh pada malam sebelum berpuasa.

Jenis olahraga yang cocok saat menjalani ibadah puasa yaitu joging atau berlari-lari kecil bisa jadi pilihan berolahraga saat sore hari saat bulan puasa. Bersepeda juga termasuk ke dalam latihan kardiovaskular seperti jogging.

Selain itu, zumba dan aerobik termasuk olahraga yang lebih identik dengan kaum hawa. Latihan zumba dan aerobik ini efektif banget buat membakar kalori dan menurunkan berat badan.

Olahraga yoga juga sangat baik bagi kebugaran tubuh. Tidak hanya agar terlihat lebih bugar tapi pikiran juga makin sehat. Dengan begitu, bisa menjalankan puasa dengan lebih fokus dan tenang.

Stretching dan pemanasan ringan, latihan ini bisa dilakukan dalam waktu 10 menit. Gerakan dalam latihan ini seperti lari di tempat, plank, sit-up, push-up, dan lunges. Latihan ini berfungsi untuk melancarkan peredaran darah, melatih otot tubuh, dan mencegah badan jadi kaku setelah duduk seharian. Dengan begitu, tubuh akan tetap bugar walawpun dalam kondisi puasa.

Widianatalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook