Peserta FBIM Pulang Pisau Raih Juara Lomba Lawang Sakepeng

Kontribusi dari Kominfo Pulang Pisau, 08 Mei 2018 19:45, Dibaca 2 kali.


MMCKalteng - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Pulang Pisau Damek Panahan, Selasa (8/5) di kantor Disbudpar Pulang Pisau mengatakan peserta utusan Pulang Pisau kategori putra raih juara 1 di cabang lomba Lawang Sakepeng (silat suku dayak) pada pegelaran Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2018 yang baru-baru ini dilaksanakan di Kabupaten Kuala Kapuas.

Selain juara 1 dalam cabang lomba lawang sakepeng kontingen Pulang Pisau juga meraih juara 2 cabang lomba balogo dan juara 3 cabang lomba mangenta, kata Damek. 

(Baca Juga : Pesparawi Wujud Syukur Umat Kristiani Melalui Lagu-Lagu Rohani)

Selain itu, untuk cabang lomba pemilihan putra dan putri pariwisata (Papipar) Kalimantan Tengah badar dan sumbu kurung perwakilan Kabupaten Pulang Pisau berhasil menyabet gelar intelejensia papipar Kalimantan Tengah.



Diakui Damek, pada FBIM 2018 ini Pulang Pisau ada sedikit penurunan prestasi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun sebelumnya untuk cabang lomba malamang dan penginan sukup simpan meraih prestasi.

Namun ini tidak membuat patah semangat, pihaknya terus berusaha untuk dapat tampil sebaik mungkin lagi ditahun-tahun berikutnya untuk meraih prestasi kembali pada cabang-cabang lomba budaya lainnya.

FBIM hanya sebuah event, yang terpenting adalah bagaimana peran semua pihak dalam melestarikan budaya khususnya para pemuda dan pemudi setempat, ia berharap peran aktif pemuda pemudi dalam melestarikan budaya dan mencintai budaya yang dimiliki agar tidak hilang begitu saja, tutur Damek.

Damek menambahkan pada tahun berikutnya untuk cabang lomba pahatan jika kembali digelar maka pihaknya akan mencari pelaku seni tersebut, baik melalui lomba atau alternative lainnya, pihaknya berharap di Pulang Pisau untuk pelaku seni pahatan ini benar-benar ada, jelasnya. (MC. Pulang Pisau/Ayu/Rj)

Kominfo Pulang Pisau

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook