GENRE Jadi Wadah Informasi dan Konsling

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 05 Mei 2018 18:04, Dibaca 13 kali.


MMCKalteng - Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalteng, menggelar kegiatan pemilihan duta generasi berencana (GENRE), yang nantinya akan membantu BKKBN dalam mensosialisasikan kepada generasi muda tentang pentingnya kesehatan reproduksi dan usia dini.

Acara yang dilaksanakan di Hotel Neo Palangka Raya tersebut, dilaksanakan selama tiga hari terhitung sejak tanggal 3-6 Mei 2018 Mei 2018, dengan peserta dari perwakilan 13 Kabupaten dan 1 Kota. 

(Baca Juga : Tekan Angka Penyebaran Covid-19, Dinkes Kobar Gelar OJT bagi Tenaga Kesehatan)

Sekretaris BKKBN Kalteng, Stiawati mengatakan, permasalahan remaja saat ini begitu kompleks, pergaulan bebas, narkoba, penyakit menular, seksual, pernikahan dini, dan berbagai masalah lainnya yang mengancam kehidupan remaja Indonesia.

Bahkan mengacu data UNFPA bahwa 18 % penduduk dunia adalah remaja, dan 88 % lainnya tinggal dinegara berkembang. Bahkan 2000 anak dibawah usia 18 tahun melahirkan dinegara berkembang. " Dalam rangka mencegah hal-hal tersebut, maka BKKBN mengembangkan program GenRe sebagai bentuk memerangi permasalahan remaja tersebut," papar Stiawati, saat membuka kegiatan pemilihan duta GENRE tersebut, Kamis (3/5/2018) sore.

Ditambahkan, Stiawati, GENRE adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda, bahkan program ini juga bisa sebagai wadah pengembangan karakter bangsa, karena akan menjauhkan generasi dari pernikahan dini, sex pranikah dan NAPZA.

" Program ini mengutamakan, materi kesehatan reproduksi, life skill, pendewasaan usia perkawinan, serta kependudukan dan pendewasaan keluarga. Maka dari itu program ini masuk dalam kategori bimbingan konseling ," pangkasnya. ( Martiana Winarsih).

 

 

 

 

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook