Desa Pasir Panjang Menuju Desa Tujuan Wisata

Kontribusi dari Muhammad Agusta Wijaya, 17 April 2018 18:12, Dibaca 15 kali.


PANGKALAN BUN - Bupati Kotawaringin Barat Nurhidayah menyatakan bahwa Desa Pasir Panjang Kecamatan Arut Selatan merupakan salah satu desa tujuan wisata budaya. Untuk itu Pemerintah Daerah kini mulai mempersiapkan fasilitas penunjangnya dengan meningkatkan infrastruktur yang ada di jalan poros desa tersebut.

"Desa Pasir Panjang merupakan desa yang unik karena letaknya ada di tengah Kota Pangkalan Bun sehingga kendaraan desa ini tetap dipertahankan sebagai desa yang akan dijadikan tujuan wisata budaya," Kata Bupati Kobar Hj Nurhidayah, Senin (16/4) usai acara peresmian Balai Hindu Kaharingan Desa Pasir Panjang.

(Baca Juga : Genjot Angka Produksi Budidaya dan Jaga Kestabilan Pangan, Bupati Kobar Serahkan Simbolis Stimulus Bagi Pokdakan)

Dalam acara itu dihadiri Ketua DPRD Kobar Triyanto, Kapolres AKBP Arie Sandi Zulkarnain Sirait, Dandim 1014 Pangkalan Bun Letkol Inf Wisnu Kurniawan dan Danlanud Iskandar Pangkalan Bun Letkol Pnb Ade Vitra.

Keunikan Desa Pasir Panjang menurut Bupati karena Desa Pasir Panjang merupakan desa masyarakat lokal yang sampai hari ini masih mempertahankan tradisi adat masyarakat dayak yang ada di Kobar.

"Desa Pasir Panjang merupakan desa lokal yang masih mempertahankan tradisi kebudayaan suku dayak, disini telah berdiri rumah betang bahkan akan dibangun juga disini Balai Hindu kaharingan, hal itu mencerminkan kentalnya masyarakat mempertahankan adat di desa ini, " ujar Bupati.

Namun demikian kata Bupati di Desa Pasir Panjang juga mencerminkan kerukunan antar umat beragama hal itu dibuktikan dengan berdirinya Masjid, Gereja dan Balai Hindu Kaharingan yang dibangun berdampingan.

"Desa Pasir Panjang memiliki keunikan yang perlu digali sebagai objek tujuan wisata di Kobar, untuk itu saat ini Pemkab Kobar Akan mempercepat pembangunan di desa ini terutama akses jalan poros yang memang harus diperlebar, mengingat dijalan poros itu sering mengalami kemacetan," tambah Bupati.

Nurhidayah mengatakan juga bahwa Kabupaten Kobar di bawah kepemimpinannya akan mengembangkan sektor pariwisata dalam mendongkrak perekonomian masyarakat sehingga rencana pembangunan daerah, sektor pariwisata masuk dalam skala prioritas. (Humas Kominfo Kobar)

Muhammad Agusta Wijaya

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook