Pembukaan Rapat TEPRA SOPD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah

Kontribusi dari Rikah Mustika, 10 April 2018 15:12, Dibaca 1,449 kali.


MMCKalteng – Tim Evaluasi Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) menggelar rapat dengan agenda sinkronisasi data realisasi APBD, APBN, Pengadaan Barang dan Jasa serta Penerimaan Pendapatan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah di aula Tjayang Tingang, Selasa (10/4).

Kepala Bagian Monitoring dan Evaluasi, Sintara, menyampaikan dalam sambutannya rapat ini diselenggarakan untuk melakukan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan harmonisasi dengan semua pemangku kepentingan (stakeholders) dalam pengelolaan anggaran khususnya dalam pelaksanaan percepatan penyerapan anggaran baik APBD provinsi, APBD kabupaten/kota dan APBN di provinsi dan kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah sehingga mencapai target yaitu untuk Triwulan I sebesar 20%, Triwulan II sebesar 50% dan Triwulan III sebesar 85%, serta di tanggal 15 November bisa mencapai 100%. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan pada bulan Maret 2018 terhadap pengelolaan anggaran, belanja APBD dan APBN merupakan stimulan bagi pencapaian kinerja pembangunan tahun 2018, maka sangat menentukan langkah selanjutnya untuk mencapai sasaran pembangunan di tahun 2019. Akan tetapi dalam penyerapan anggaran terdapat hambatan yaitu dalam proses pengadaan barang dan jasa.

(Baca Juga : Sekda Fahrizal Buka Puasa Bersama di Dinas PUPR Kalteng)

Sambutan Kepala Asisten Ekonomi dan Pembangunan yang dibacakan oleh Kepala Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Prov. Kalteng, Ir. Ridwan Manurung menyampaikan sesuai arahan presiden untuk melakukan deregulasi dan percepatan pembangunan dalam rangka memaksimalkan penyerapan anggaran, salah satunya terkait peraturan pembangunan mengenai penyerapan barang dan jasa. Pemerintah memiliki peranan penting dalam pembangunan nasional untuk peningkatan pelayanan publik dan perkembangan perekonomian nasonal dan juga daerah. Sesuai visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng menuju KALTENG BERKAH telah disusun RPJMD 2016 sebagai target kinerja 5 tahun ke depan. Harapannya SOPD mampu berjabat tangan dalam program kegiatan strategis yang implementatif, efektif dan sinergi dalam rangka percepatan KALTENG BERKAH. Memasuki Triwulan II tahun 2018 diharapkan percepatan penyerapan barang dan jasa, serta selalu mengkomunikasikan apabila ada hambatan TEPRA, sebab salah satu hambatan percepatan penyerapan realisasi anggaran yaitu baik di pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota realisasi belanja di awal tahun sangat rendah sehingga penterapan selalu menuntut di akhir tahun anggaran. (Rikah / Foto : Rikah)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook