Sukseskan Percepatan pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kalimantan Tengah

Kontribusi dari Ahmad Saifuddin, 10 April 2018 13:37, Dibaca 1,138 kali.


MMCKalteng - Dalam acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Kalimantan Tengah dengan beberapa instansi dalam rangka menindaklanjuti Instruksi Presiden No 2 Tahun 2018 tentang  Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Seluruh Wilayah Republik Indonesia, di Aula kalawa Waterpark Palangka Raya, Selasa (10/4), yang dihadiri Kepala Kejaksaan Tinggi, Kapolda, SOPD terkait, Perwakilan Korem dan 14 BPN Kabupaten/Kota Sekalimantan Tengah.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Wilayah Pertanahan Nasional  Kalimantan Tengah Drs. Pelopor menyampaikan di Kalimantan Tengah harus dipercepat pendaftaran bidang  tanah dalam program pemerintah untuk mendatakan keadaan bidang tanah yang dimiliki masyarakat  yang belum terdaftar, diperkirakan sekitar 126 juta bidang tanah yang belum terdaftar sedangkan yang terdaftar di pemerintah hanya 48 juta bidang tanah. Masih banyak bidang tanah yang belum terdaftar, dikarenakan banyaknya  yang belum terdaftar penyebab perencanaan pemerintahan terhambat diberbagai bidang pertanahan.

(Baca Juga : Gubernur H. Sugianto Sabran Lakukan Launching Bantuan Sosial Tahap II Pemprov Kalteng)

Pemerintah mempunyai kewajiban untuk melaksanakan pendaftaran tanah diseluruh Indonesia, dalam pembangunan bidang  apapun harus mempunyai data lengkap agar terigester dalam informasi bidang tanah yang dimiliki masyarakat.

Yang harus masyarakat ketahui  kepemilikan bidang tanah harus ada, minimal daftar tanah atau bisa lebih bagus lagi mempunyai buku tanah dan sertifikat, karena sangat penting untuk dokumen kepemilikan hak bidang tanah.

Kepala BPN berharap semua institusi dapat bekerja sama dalam mensukseskan kegiatan PTSL  di Kalimantan Tengah, agar bidang tanah terdaftar semua pada tahun 2025.

Ahmad Saifuddin

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook