Perkembangan Terbaru Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 6 Orang Dan Terkonfirmasi Positif 26 Orang

Kontribusi dari Widia Natalia, 04 Juli 2020 15:55, Dibaca 1,293 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng terus menerus menghimbau kepada seluruh masyakarat Kalteng untuk benar-benar menyadari dan disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Mengingat setiap hari terjadi penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kalteng, dan sampai pada hari ini, Sabtu 04 Juli 2020, telah menembus angka psikologis yakni lebih 1.000 orang terkonfirmasi positif.

Oleh karena itu, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng mengajak masyarakat menyadari ancaman Covid-19 dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, minimal melakukan 3 hal diantaranya menjaga jarak, memakai masker dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Hal ini disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng melalui tim komunikasi publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng dr. Herlina Eka Shinta, M.Biomed, Sp.PA dalam press release yang digelar pada Sabtu (04/07/2020) sore, di Lobi Kantor Utama RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.

(Baca Juga : Kasus Harian Covid-19 di Kalteng, 30 November 2022 : Sembuh 14 Orang, Konfirmasi 35 Orang. Mari Terus Disiplin Prokes)

Dalam keterangannya, dr. Herlina Eka Shinta menyampaikan, jumlah pasien sembuh Covid-19 di Kalteng saat ini telah mencapai 503 orang setelah ada penambahan dalam 24 jam terakhir sebanyak 6 orang.

Penambahan jumlah pasien sembuh Covid-19 yang baru sebanyak 6 orang diantaranya 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Kapuas yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Soemarno Sostroatmojo Kapuas, 4 orang merupakan warga asal Kabupaten Murung Raya yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Puruk Cahu dan 1 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Barito Selatan yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Jaraga Sasameh.

Total sebanyak 503 orang dinyatakan sembuh termasuk 6 orang yang baru dinyatakan sembuh Covid-19, masing-masing sebanyak 218 orang berdasarkan hasil dari RSDS Palangka Raya, 93 orang berdasarkan hasil dari RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, 36 orang berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit, RSUD Soemarno Sostroatmojo Kapuas 26 orang, 1 orang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 23 orang berdasarkan hasil dari RSUD Puruk Cahu, 4 orang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Ulin Bjm, 29 orang berdasarkan hasil dari RS Siloam Palangka Raya, 15 orang berdasarkan hasil dari RSUD Mas Amsyar, 6 orang berdasarkan hasil dari RSUD Jaraga Sasameh, 1 orang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, RSUD Pulang Pisau 7 orang, 14 orang berdasarkan hasil dari RS Kota Palangka Raya, 2 orang berdasarkan hasil dari RSUD Muara Teweh, 5 orang berdasarkan hasil dari RS Bhayangkara, 11 orang berdasarkan hasil dari RSUD Lamandau, 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Sukamara, 5 orang berdasarkan hasil dari RSUD TNI, isoslasi mandiri 2 orang, RSUD Kuala Kurun 6 orang dan 3 orang lainnya berdasarkan hasil dari RS Betang Pambelum.

Disampaikan juga oleh dr. Herlina Eka Shinta, jumlah kasus positif di Kalteng sampai saat ini masih mengalami peningkatan. Jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 telah mencapai 1016 kasus. Dalam 24 jam terakhir dilaporkan telah terjadi penambahan pada pasien terkonfirmasi positif sebanyak 26 orang.

Sebanyak 26 orang tersebut, masing-masing 11 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 4 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Barat, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Seruyan, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Barito Selatan, 3 orang merupakan warga asal Kabupaten Barito Timur, 2 orang merupakan warga asal Kabupaten Barito Utara, dan 4 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Murung Raya.

Terkonfirmasi positif yang baru saat ini sedang berada di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya 2 orang, di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun 3 orang, RSUD Murjani Sampit 1 orang, RSUD Puruh Cahu 4 orang, RS Kota Palangka Raya 4 orang, RSUD Muara Teweh 4 orang, Isolasi mandiri 1 orang, RS Betang Pambelum 4 orang dan RSUD Tamiang Layang 3 orang.

Saat ini, total kasus positif yang dilaporkan telah mencapai 1016 yakni 503 orang sudah dinyatakan sembuh, 61 orang meninggal dunia dan sisanya sebanyak 452 pasien positif yang masih menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 di Kalteng.

Sebanyak 452 pasien positif Covid-19 yang tersisa saat ini, masing-masing yang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya menjadi 109 orang saat ini, RSSI Pangkalan Bun menjadi 35 orang, RSUD Murjani Sampit menjadi 8 orang, Karantina Pemerintah Daerah Kapuas dan RSUD Soemarno Sostroatmojo tersisa 110 orang, RSUD Puruk Cahu tetap 17 orang, RS Siloam Palangka Raya menjadi 23 orang, RSUD Mas Amsyar tetap 2 orang, RSUD Jaraga Sasameh tersisa 6 orang, RSUD Pulang Pisau tetap 2 orang, RS Kota Palangka Raya menjadi 31 orang, RSUD Muara Teweh menjadi 12 orang, RS Bhayangkara tersisa 23 orang, RSUD Lamandau tetap 2 orang, RSUD TNI tetap 5 orang, menjalani isolasi mandiri menjadi 11 orang, RSUD Kuala Kurun tersisa 18 orang, RS Betang Pambelum menjadi 13 orang, RSI PKU Muhamadiyah tersisa 14 orang dan RSUD Tamiang Layang menjadi 11 orang saat ini.

Tim komunikasi publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng dr. Herlina Eka Shinta kembali menyampaikan, tingkat kematian atau Case Fatality Rate (CFR) Covid-19 di Kalteng saat ini berada di angka 6,0 persen. Dalam 24 jam terakhir, jumlah pasien meninggal dunia akibat Covid-19 kembali mengalami penambahan sebanyak 1 orang sehingga menjadi 61 orang saat ini. Ada penambahan dibanding tanggal 03 Juli 2020.

Sebanyak 1 orang yang baru dinyatakan meninggal dunia yakni merupakan warga asal Kota Palangka Raya yang sebelumnya menjalani perawatan di RSI PKU Muhamadiyah Palangka Raya.

dr. Herlina Eka Shinta kembali menuturkan, saat ini sebaran Kasus Pasien Dengan Pengawasan (PDP) di Kalteng berada di 12 Kabupaten/Kota. Dalam 24 jam terakhir, jumlah kasus PDP dilaporkan masih terus mengai pengurangan. Jumlah kasus PDP saat ini tersisa 91 orang setelah ada pengurangan sebanyak 5 orang.

PDP di RSDS Palangka Raya tersisa 13 orang saat ini, PDP di RSUD Soemarno Kapuas menjadi 15 orang, PDP di RSUD Pulang Pisau tersisa 5 orang saat ini, PDP di RSUD RSSI Pangkalan Bun tersisa 18 orang saat ini, PDP di RS Siloam Palangka Raya menjadi 5 orang saat ini, PDP di RSUD Mas Amsyar tetap 9 orang, PDP di RS Bhayangkara menjadi 5 orang, PDP di RSUD Murjani Sampit menjadi 3 orang saat ini, PDP di RSUD Muara Teweh tersisa 2 orang, PDP di RSUD Lamandau tetap 4 orang, PDP di RSUD Tamiang Layang tersisa 2 orang, RSUD Jaraga Sasameh tetap 6 orang saat ini, PDP di RSUD Puruk Cahu menjadi 1 orang dan PDP di RS Kota Palangka Raya tetap 3 orang.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka 46 orang, Kabupaten Pulang Pisau 5 orang, Kabupaten Katingan 11 orang, Kabupaten Kapuas 16 orang, Kabupaten Murung Raya 1 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 18 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 2 orang, Kabupaten Seruyan 2 orang, Kabupaten Barito Utara 3 orang, Kabupaten Lamandau 4 orang, Kabupaten Barito Timur 4 orang dan Kabupaten Barito Selatan 9 orang.

Terakhir disampaikan oleh dr. Herlina Eka Shinta, untuk kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dilaporkan tersisa 289 orang, ada pengurangan sebanyak 7 orang dibanding tanggal 03 Juli 2020. ODP terbanyak ada di Kabupaten Kotawaringin Timur berjumlah 110 orang. (WDY/Foto:Duan)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook