Kemenparekraf RI Distribusi BALASA bagi Tenaga Kerja Parekraf Terdampak Covid-19

Kontribusi dari Disbudpar Prov. Kalteng, 24 Juni 2020 18:34, Dibaca 357 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (KEMENPAREKRAF RI) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah dan didukung oleh Polda Kalimantan Tengah, memberikan Bantuan Lauk Pauk Siap Saji (BALASA) kepada tenaga kerja lokal di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi Covid-19 pada Rabu (24/06/2020) di UPT. Taman Budaya Kalimantan Tengah. Pada pembukaan kegiatan, Direktur Pengembangan Destinasi Wilayah II KEMENPAREKRAF RI Dr. Wawan Gunawan, M.M. menyerahkan secara resmi Bantuan Lauk Pauk Siap Saji (BALASA) kepada Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Dr. Guntur Talajan, S.H., M.Pd. untuk dapat disalurkan kepada pihak kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Tengah.

Penyerahan disaksikan oleh Tim KEMENPAREKRAF RI, perwakilan Danrem 102/Panju Panjung, Tim Polda Kalimantan Tengah, perwakilan Dinas Pariwisata atau yang membidangi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah, perwakilan ASITA Kalimantan Tengah, perwakilan PHRI Kalimantan Tengah, perwakilan POKDARWIS area Palangka Raya, dan seluruh jajaran Eselon III, IV, dan staf beserta tenaga kontrak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah. Pendistribusian total bantuan sebanyak 805 paket didukung oleh masing-masing Dinas Pariwisata atau yang membidangi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di kabupaten/kota untuk dapat diberikan kepada tenaga kerja yang terdampak. Pendistribusian berdasarkan pada daftar tenaga kerja pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi yang telah didata dan disusun oleh masing-masing kabupaten/kota dalam beberapa bulan terakhir.

(Baca Juga : Program Food Estate Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal, Belum Tentu Datangkan Transmigran Baru)

Rincian jumlah Bantuan Lauk Pauk Siap Saji (BALASA) yaitu 399 paket untuk Kota Palangka Raya, 27 paket untuk Kabupaten Kotawaringin Barat, 149 paket untuk Kabupaten Barito Selatan, 12 paket untuk Kabupaten Barito Timur, 2 paket untuk Kabupaten Kotawaringin Timur, 57 paket untuk Kabupaten Murung Raya, 76 paket untuk Kabupaten Pulang Pisau, 30 paket untuk Kabupaten Katingan, 40 paket untuk Kabupaten Seruyan, dan 13 paket untuk Kabupaten Kapuas. Calon penerima bantuan wajib untuk membawa Kartu Tanda Penduduk (asli dan fotokopi) pada saat pengambilan paket.


Pelayanan pendistribusian paket untuk Kota Palangka Raya didampingi oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga Kota Palangka Raya. Bantuan untuk kabupaten didukung dan dimonitor oleh masing-masing Dinas di kabupaten untuk dapat didistribusikan ke masing-masing tenaga kerja pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak di wilayahnya.

Pembagian bantuan berupa Lauk Pauk Siap Saji (BALASA) berlangsung mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB. Seluruh pelaksanaan penyerahan bantuan mengutamakan protokol kesehatan untuk menghindari paparan virus Covid-19 bagi yang bertugas dan masyarakat penerima bantuan. (Ann/Foto: DKP/Kk)

Disbudpar Prov. Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook