Kapuas Kuala Target Sentra Industri Peningkatan Ekonomi Kerakyatan

Kontribusi dari Gusti Mahfuz, 24 Juni 2020 10:47, Dibaca 420 kali.


mmckalteng - KUALA KAPUAS – Kecamatan Kapuas Kuala, Kabupaten Kapuas terkenal dengan kecamatan yang memiliki berbagai macam potensi khususnya potensi hasil perikanan, dikarenakan kecamatan tersebut wilayah Daerah Aliran Sungainya (DAS) berbatasan dengan laut. Namun, potensi tersebut selama ini belum diolah secara maksimal, untuk itu Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Perdagangan Perindustrian dan Koperasi Usaha Mikro Kecil menargetkan Sentra Industri Peningkatan Ekonomi Kerakyatan di Kecamatan Kapuas Kuala, yang nanti  rencananya akan direalisasikan pada tahun 2021.

Hal tersebut diungkapkan oleh Plt. Kepala Disperindagkop UKM Kabupaten Kapuas Batu Panahan saat ditemui Selasa (23/6/2020) kemarin. Dia mengatakan pengembangan ekonomi kerakyatan merupakan strategi pembangunan yang menempatkan sektor ekonomi rakyat sebagai sasaran utama pembangunan.

(Baca Juga : KPU Pulang Pisau Gelar Bimtek Pemutakhiran Daftar Pemilih)

“Sentra Industri wajib dicanangkan di Kecamatan Kapuas Kuala, karena wilayah kecamatan ini memiliki potensi sumber daya kelautan yang berlimpah,” katanya.

Kemudian, lanjut dia, yang terpenting adalah masyarakat sudah siap menghadapi pasar bebas ekonomi asia, untuk itu perlu dukungan dari pemerintah kecamatan dan desa melalui BUMDes untuk mempromosikan hasil produksi lokal. Batu Panahan berharap kesiapan produk olahan warga terakomodir untuk melalui pangsa pasar yang disiapkan baik melalui pasar tradisional ataupun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan nantinya dipromosikan di jual beli online dan diakomodir oleh bidang perdagangan.

“Ke depan untuk pemasaran hasil olahannya akan dibantu melalui jual beli online sehingga pengembangan sentra industri hilir bisa berkembang di sana. Kami sudah berkoordinasi dengan pihak kecamatan di sana,” ungkapnya.

Kemudian, lebih lanjut, dia mengatakan untuk memaksimalkan program itu harus disiapkan infrastruktur jalan dan jembatan serta pasar. Yang paling utama perlu disiapkan Sumber Daya Manusia (SDM). Apabila Sentra, ia mengatakan pihaknya akan melatih keterampilan warga di sana sesuai dengan keahlian mereka. Ia menuturkan, jika SDM sudah dipersiapkan, kemudian peralatan industri untuk pengolahan keripik undang maupun ikan asin untuk membantu pengolahan produk oleh masyarakat melalui tangan terampil yang sudah dipersiapkan.

“Paling tidak masyarakat sebagai pelaku usaha mampu mengolah hasil perikanan tersebut sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat,” pungkasnya. (hmskmf)

Gusti Mahfuz

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook