Dewan Minta Penurunan Drastis Daftar Pemilih Diantisipasi

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 29 Maret 2018 07:22, Dibaca 462 kali.


PALANGKA RAYA-DPRD Kalteng meminta agar penurunan drastis daftar pemilih di Kalimantan Tengah, saat ini harus diantisipasi oleh seluruh stakeholder dan pemangku kepentingan termasuk masyarakat.

Pasalnya, 2018-2019 mendatang akan menghadapi tahun politik, baik itu pemilihan kepala daerah (Pilkada), kemudian Pemilihan Legislatif (Pileg) hingga Pemilihan Presiden (Pilpres).

(Baca Juga : Pansus Tidak Pernah Menghalangi Anggaran Covid-19)

Anggota DPRD Kalteng Hj Nataliasi mengatakan, terjadinya penurunan daftar pemilih, baik daftar pemilih sementara (DPS) maupun daftar pemilih tetap (DPT) yang terjadi di Kalteng harus diantisipasi oleh semua pihak, baik itu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) maupun oleh penyelenggaran pemilu seperti komisi pemilihan umum (KPU).

Faktor-faktor yang menyebabkan adanya penurunan daftar pemilih ini harus dilakukan evaluasi. “Penurunan drastis daftar pemilih ini harus segera diantisipasi, bagaimana sosialisasi agar jumlah pemilih yang diangap hilang terlalu banyak berkurang ini jangan sampai hilang,” kata Nataliasi, saat dibincangi wartawan di gedung Dewan, Rabu (28/3).

Anggota Komisi A DPRD Kalteng ini menjelaskan, perlu antisipasi hilangnya atau berkurangnya data pemilih ini, diduga bukan karena pendataan ulang tetapi juga perlu pembaharuan data. “Siapa tahu data yang ada itu mungkin, bahkan data lama bahkan orangnya juga sudah berpindah tempat, atau sudah meninggal atau data-data yang lama didata kembali. Jadi bukan hanya partisipasi pemilih tetapi juga harapannya data itu dicek ulang kembali,” harapnya.

Dia meminta agar data-data tersebut dipelajari kembali, apakah berkurangnya pemilih ini disebabkan karena perpindahan penduuduk, apakah orangnya sudah meninggal dunia atau berpindah ke wilayah lain.

Karena kan di tahun 2019 ini serempak, jadi mereka mungkin menentukan pilihan ke daerah-daerah yang memang punya pontensi memenangkan calon yang terbaik,” tambahnya.

Sebelumnya, Srikandi dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga meminta keaktifan masyarakat dalam rangka mengantisipasi berkurangnya pemilih di Kalteng, sehingga dalam menghadapi Pilkada, Pileg maupun Pilpres mendatang, data pemilih Kalteng tidak mengalami penurunan yang terlalu signifikan. “Kita mengharapkan kepada seluruh masyarakat dapat mengecek datanya kembali, kalau belum masuk dalam daftar pemilih segera melaporkan diri,” pungkas Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) Kalteng III, meliputi Kabupaten Kotawaringin Barat, Lamandau dan Sukamara ini.

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook