Penanganan Covid-19 Bukan Hanya Soal Medis

Kontribusi dari DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS, 08 Juni 2020 17:38, Dibaca 653 kali.


mmckalteng - KUALA KAPUAS – Saat ini, umumnya media cetak maupun online dalam menyampaikan pemberitaan sebagai tugas jurnalis tentang pandemi Covid-19 lebih banyak ke arah angka-angka, seperti jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan ( PDP ) dan yang positif, baik yang dengan gejala maupun tanpa gejala atau disebut Orang Tanpa Gejala (OTG), yang menampilkan angka yang signifikan.

Akhirnya masyarakat dengan melihat angka tersebut sebagai momok yang menakutkan. Begitu juga dengan kasus yang meninggal di tengah pandemi Covid-19 saat ini, sedangkan mereka mungkin lebih dikarenakan usia lanjut atau adanya penyakit lain.

(Baca Juga : Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2021 di Kabupaten Kobar)

Ketua Bidang Sarana Prasarana dan Logistik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kapuas yang juga Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan SSos MSi mengatakan, edukasi ke masyarakat memang sangat diperlukan saat ini.

“Media seharusnya menyajikan informasi yang menyejukkan untuk menghindari rasa takut berlebihan yang nantinya justru akan mengakibatkan stress kemudian menurunkan kekebalan atau imun tubuh,” ujarnya.

Menurutnya, penyakit yang diakibatkan virus ini bukan aib, jika ada warga yang terpapar, seharusnya keluarga atau tetangga terdekat memberi support agar melakukan karantina mandiri di rumahnya.

“Di sini lah rasa sosial kita diuji serta kepedulian kita untuk saling membantu, bukan mengucilkan, tapi justru membantu untuk mendapatkan kesembuhan,” himbau Budi.

Dicontohkannya, mereka yang ditangani untuk isolasi mandiri di rumah karantina komplek NSD tidak ada yang meninggal dunia, malah sembuh. Ini menunjukkan kalau virus Corona ini tidak berbahaya. Kecuali bila ada penyakit lainnya sebagai penyakit yang memperparah kondisinya.

“Penanganan penyakit Corona ini bukan hanya masalah medis, physicologi juga berpengaruh. Seperti tertekan atau stress. Makanya di tempat karantina NSD itu kita menciptakan suasana yang lebih nyaman,” ungkap Budi.(Iwn/hmskmf)

DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook