Gubernur Kalteng Meninjau Langsung Pelaksanaan Pemeriksaan Rapid Test Massal di Pasar Indra Sari Kab. Kobar

Kontribusi dari Widia Natalia, 06 Juni 2020 12:18, Dibaca 397 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran lakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Sabtu (06/06/2020).

Salah satu agenda Gubernur Kalteng adalah melakukan peninjauan ke lokasi pemeriksaan Rapid Test Massal Covid-19 yang digelar di Pasar Indra Sari, Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan, Pangkalan Bun.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Berikan Pesan Kepada 73 Anggota Paskibraka Yang Baru Dikukuhkan)

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka antisipasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kobar, serta untuk mendukung upaya pemerintah dalam percepatan penanggulangan Pandemi Covid-19 di Provinsi (Prov) Kalteng.


Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul selaku Wakil Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng yang hadir mendampingi kunker Gubernur ke Kab. Kobar, mengatakan kegiatan pemeriksaan Rapid Test massal yang diprakarsai oleh Pemerintah Prov. Kalteng, Polda Kalteng, Korem102/Pjg dan Kejaksaan Tinggi Kalteng di Pasar Indra Sari Pangkalan Bun ditargerkan sebanyak 2.000 orang.

Suyuti Syamsul juga mengungkapkan bahwa sampai dengan saat ini masyarakat yang sudah melakukan pemeriksaan Rapid Test baik yang diperiksa secara mandiri, Keterlibatan Pemprov maupun Pemda, Polda, Korem dan Kejaksaan Tinggi sudah sekitar 12.000 orang se-Kalteng.

"Berdasarkan hasil pembagian Rapid Tes yang kita lakukan dan dari hasil laporan, sudah diangka 12.000 orang yang sudah diperiksa, baik yang diperiksa secara mandiri oleh Kabupaten, Keterlibatan Provinsi, Polri, Korem. Rencana target kita hari ini, kita siapkan sampai 2000 orang. Kalau 2.000 ini terkejar, berarti kita sudah 14.000 se-kalteng", tutur Kadis Kesehatan Prov. Kalteng.

Lanjut disampaikan oleh Suyuti Syamsul,  berdasarkan arahan Gubernur H. Sugianto Sabran selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng, pemeriksaan Rapid Test massal agar dilakukan dengan terus menerus sabagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kalteng.

Wakil Ketua Harian Penanganan Covid-19 Prov Kalteng juga menyampaikan, jika dalam pemeriksaan Rapid Test massal ditemukan hasil reaktif maka akan dilakukan karantina baik karantina mandiri maupun karantina terpusat.

"Setelah itu akan dilakukan pemeriksaan swab PCR, setelah PCR positif berarti kita perlakukan sebagai pasien positif", jelas Suyuti Syamsul.

Suyuti juga menerangkan, pasar dipilih sebagai tempat pemeriksaan Rapid Test massal karena pasar di prediksi akan menjadi cluster cluster baru.

Hadir secara khusus Anggota DPR RI Dapil Kalteng H. Agustiar Sabran didampingi Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dedi Prasetyo, Danrem 102/PJG Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Kepala Kejaksaan Tinggi Kalteng Mukri, Ketua Tim Percepatan Pembangunan Kalteng Berkah (TPPKB) Adv. Rahmadi G. Lentam, LO Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pusat Maghoni, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Prov. Kalteng Leonard S. Ampung, Kepala Badan Pendapatan Daerah Prov. Kalteng Kaspinor, Kepala Biro Umum Setda Kalteng Lisda Arriyana, Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Prov. Kalteng Agus Siswadi dan Plt. Kepala Biro Protokol dan Komunikasi Publik Setda Kalteng Sutoyo.

Kunjungan Gubernur dan rombongan di Bumi Marunting Batu Aju tersebut, diterima dan didampingi langsung oleh Bupati Kobar Hj. Nurhidayah, Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah serta unsur Forkopimda Kab. Kobar dan Kepala Perangkat Daerah Kab. Kobar terkait.(WDY/Foto:Rinto)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook