Peringati Hari Lahir Pancasila, Gubernur Kalteng Ikuti Upacara Secara Virtual

Kontribusi dari Widia Natalia, 01 Juni 2020 10:51, Dibaca 272 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila secara virtual di tengah pandemi Covid-19, bertempat di Istana Isen Mulang Senin (01/06/2020).

Turut hadir mendampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi (Prov.) Kalteng Shalahuddin, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Prov. Kalteng Agus Parmono, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Prov. Kalteng Yulindra Dedy , Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Prov. Kalteng Agus Siswadi dan Plt. Kepala Biro Protokol dan Komunikasi Publik Setda Kalteng Sutoyo.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Komitmen Bantu Pembangunan Infrastruktur Universitas Palangka Raya)

Inspektur Upacara (Irup) langsung dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kemudian, Presiden Jokowi menyampaikan amanatnya dalam peringatan Harlah Pancasila.


Dalam amanatnya, Presiden Jokowi mengatakan "Kita tidak sendirian, 215 Negara di dunia juga berada di kondisi seperti kita, semua dalam kesulitan. Tapi kita harus menyadari semua Negara tengah berlomba-lomba untuk menjadi pemenang. Menjadi pemenang dalam pengendalian virus maupun jadi pemenang dalam pemulihan perekonomiannya. Sebagai Bangsa yang besar, kita harus tampil sebagai pemenang, kita harus optimis, kita harus mampu menciptakan peluang ditengah kesulitan. Kita harus menjawab semua itu dengan inovasi dan karya yang nyata. Kita tidak boleh berhenti berkreasi, berinovasi dan berprestasi ditengah pandemi Covid sekarang ini. Mari kita menangkan masa depan kita dan wujudkan cita-cita luhur para pendiri Bangsa. Kita tunjukan bahwa kita adalah Bangsa yang kuat, bukan hanya mampu menghadap tantangan, tetapi juga bisa memanfaatkan sebuah kesulitan menjadi perbuatan kemajuan. Mari kita selalu bersatu, saling peduli dan selalu berbagi untuk kemajuan Negeri kita tercinta ini".

Hari lahir Pancasila Tahun 2020 diperingati dengan kesederhanaan, melalui video conference virtual aplikasi ruang rapat daring. Para peserta upacara Harlah Pancasila dilakukan dari kantor masing-masing. Upacara Harlah Pancasila dimulai pukul 07.45 WIB dan disiarkan melalui website Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan beberapa Televisi Nasional.

Tema Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2020 adalah “Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju”.

Upacara Harlah Pancasila turut dihadiri Wakil Presiden KH Ma`ruf Amin, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang membacakan Naskah Pancasila, Ketua DPR RI Puan Maharani yang membacakan Pembukaan UUD 1945.

Upacara diakhiri dengan pembacaan do`a yang dilakukan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ( Menko PMK) Muhadjir Effendy dan menyanyikan lagu nasional Bagimu Negeri. (Foto:Doni)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook