Pentingnya Komunikasi Dalam Tangani Covid-19

Kontribusi dari DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS, 26 Mei 2020 19:04, Dibaca 72 kali.


mmckalteng - KUALA KAPUAS – Guna penanganan perkembangan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang terindifikasi pertama kali di Provinsi Wuhan China dan merupakan pandemi global, maka diperlukan penyampaian informasi dan komunikasi yang baik oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah tentang covid-19 kepada masyarakat. Sebab komunikasi adalah bagian terpenting dalam menghadapi ancaman pandemi dan kepercayaan publik perlu dibangun serta dijaga agar tidak terjadi kepanikan dalam masyarakat sshingga penanganan dapat berjalan dengan lancar.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas Dr H Junaidi, SE, SKM, M.AP, M.Kes mengutip dari Dokumen Protokol Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19 mengatakan, sekarang ini Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah telah mengambil berbagai langkah dalam mengatasi wabah pandemi ini, salah satunya yaitu dengan membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dengan tujuan untuk meningkatkan ketahanan nasional di bidang kesehatan, meningkatkan sinergi antar kementerian/lembaga dan Pemerintah Daerah, antisipasi eskalasi penyebaran dan meningkatkan kesiapan, kemampuan dalam mencegah, mendeteksi dan merespon covid-19.

(Baca Juga : Pentingnya Kegiatan Sensus Penduduk 2020 Untuk Perencanaan dan Keberhasilan Pembangunan)

Dirinya menjelaskan Bencana pandemi dan wabah penyakit covid-19 memiliki potensi resiko yang cukup besar apabila tidak dilakukan pengendalian secara cepat dan komprehensif.  Untuk itu Pemerintah RI telah membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang dapat melakukan pendataan dan kajian terkait covid-19 melalui Tim yang ditunjuk.

“Koordinasi dan komunikasi merupakan salah satu kunci penting dalam percepatan penanganan covid-19, oleh sebab itu Gugus Tugas bertugas sebagai koordinator yang dapat melibatkan seluruh lintas kementerian teknis yang juga dapat didukung oleh seluruh stakeholder yang ada dan mitra non-pemerintah,” ungkapnya, Selasa (26/5/2020).

Kadis Kominfo menuturkan dengan kondisi sekarang ini, sangat penting bagi masyarakat untuk mendukung setiap langkah yang diambil oleh gugus tugas, sebab dengan kerja sama yang baik antara gugus tugas dan masyarakat maka akan mampu menuntaskan penularan covid-19. “Hal tersebut sesuai dengan arahan dan ajakan Bupati Kapuas yaitu dengan kekompakan, kebersamaan dan persaudaraan serta  kerja sama yang baik maka kita pasti bisa tuntaskan covid-19 ini,” imbuhnya.

Ia menambahkan kepercayaan publik perlu dibangun dan dijaga agar tidak terjadi kepanikan dalam masyarakat dan agar penanganan covid-19 dapat berjalan dengan lancar. Maka persepsi tentang kesiapan dan keseriusan Pemerintah perlu disampaikan kepada publik melalui penjelasan yang komprehensif dan berkala dengan menjelaskan apa yang sudah dan akan dilakukan oleh Pemerintah.

“Dalam penanganan bencana pandemi covid-19 ini, faktor keamanan dan keselamatan menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam penanganan yang juga didukung oleh tenaga ahli yang berkompeten dalam menyusun kebijakan dan menjamin adanya mekanisme yang baik ke seluruh pihak,” tukasnya. (hmskmf)

DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook