Pidato Gubernur Peringati HUT Ke-63 Provinsi Kalteng

Kontribusi dari Widia Natalia, 22 Mei 2020 20:13, Dibaca 331 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran secara khusus menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pendahulu yang berjasa dalam membangun Kalteng, serta seluruh masyarakat yang telah mewarnai perubahan Provinsi Kalteng. Hal ini disampaikan Gubernur saat membacakan pidato memperingati Hari Ulang Tahun ke-63 Tahun 2020 Provinsi Kalteng, Jumat (22/05/2020).

"Sebagai wujud kepatuhan kita terhadap protokol penanganan Covid-19, maka pelaksanaan upacara seremonial dan seluruh rangkaian Hari Jadi Kalteng ditiadakan, walaupun demikian tidak mengurangi makna strategis dan nilai esensial yang terkandung dalam peringatan hari bersejarah daerah kita ini", tutur Gubernur.

(Baca Juga : Capacity Building Dan Edukasi Germas Turut Memeriahkan Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah)

Peringatan Hari Jadi pada Tahun 2020, dikatakan oleh Gubernur H. Sugianto Sabran terasa menjadi lebih istimewa dibanding tahun-tahun sebelumnya.

H. Sugianto Sabran mengatakan, meskipun HUT Kalteng tahun 2020 terasa berbeda, setidaknya ada beberapa makna yang dapat dipetik yakni pertama, sejarah peradaban umat manusia akan mencatat dengan tinta emas peringatan kali ini dilakukan dalam suasana keprihatinan yang mendalam karena mewabahnya virus covid-19.

Segenap daya dan dana dikerahkan secara terintregrasi yang melibatkan lintas stakeholder guna mengendalikan penyebaran Covid-19 demi memberikan perlindungan kepada seluruh lapisan masyarakat.

Kedua, peringatan Hari Jadi ke-63 Provinsi Kalteng Tahun 2020 ini merupakan Tahun ke-5 periode pertama 2015-2021 Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya.

Gubernur selaku pribadi dan keluarga menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya atas dukungan dan kepercayaan masyarakat Kalteng.

Selain itu, Gubernur juga mengucapkan terima kasih juga atas dukungan dan kerjasama seluruh jajaran Pemerintah Provinsi dan Pemerintahan Kabupaten/ Kota se-Kalteng, instansi dan lembaga vertikal, TNI/POLRI, dunia usaha, organisasi sosial politik, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, akademisi dan semua pihak dan komponen lainnya.

Dikesempatan tersebut, Gubernur juga menyampaikan mengenai perkembangan capaian indikator makro pembangunan Provinsi Kalteng serta capaian pembangunan yang ada di Kalteng.

Orang nomor 1 di Tambun Bungai ini juga mengatakan bahwa angka kemiskinan di Kalteng menurun dari 5,17% pada tahun 2018 menjadi 4,98% di tahun 2019.

Berbagai penghargaan atas prestasi yang telah di raih Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten /Kota se-Kalteng serta berbagai indikator statistik kemajuan pembangunan. Hal ini menunjukan bahwa Provinsi Kalteng telah meraih hasil yang optimal dalam melaksanakan pembangunan serta menunjukkan bahwa Penerintah Provinsi Kalteng telah melaksanakan pembangunan sesuai visi dan misi, rencana serta tahapan yang ditetapkan.

 

Salah satu penghargaan yang diraih oleh Pemerintah Provinsi Kalteng yakni berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI Perwakilan Kalteng dalam 5 tahun terakhir mulai dari tahun 2014, 2015, 2016, 2017 dan 2018 secara berturut-turut sudah meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Tema yang diambil dalam rangka memperingati Hari Jadi Provinsi Kalteng ke-63 yaitu "Kalteng Bersatu Melawan Covid-19’’.

Tema yang diambil sejalan dengan kondisi yang tengah dihadapi saat ini yakni Pendemi Covid-19 yang sedang melanda Kalteng. Sedangkan Sub Temanya adalah “Sinergitas Antara Pemerintah dan Masyarakat Menjadikan Kalteng Bebas Covid-19”.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Provinsi Kalteng juga menyampaikan langkah-langkah serta upaya apa saja yang telah diambil oleh Pemerintah Daerah dalam upaya percepatan penanganan Bencana Non alam Penyebaran Covid-19 di Kalteng.

Terakhir, Gubernur berpesan kepada seluruh warga Kalteng agar membiasakan diri, hidup bersih, sehat, rajin mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, menggunakan masker, menghindari kerumunan, menjaga jarak fisik pada saat berinteraksi sosial menghadapi new normal atau pola hidup baru di tengah pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga sekarang ini.(Foto:Ega)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook