Kasus Sembuh Meningkat Menjadi 115 Orang, Terkonfirmasi Positif Turut Meningkat

Kontribusi dari Widia Natalia, 20 Mei 2020 15:47, Dibaca 6 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Penambahan terus terjadi pada kasus sembuh dari Covid-19 di Kalimantan Tengah (Kalteng).

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng, hingga Rabu (20/05/2020) Pukul 15.00 WIB, jumlah pasien sembuh meningkat signifikan mencapai 115 orang. Terjadi penambahan sebanyak 10 orang dalam 24 jam terakhir.

(Baca Juga : Perkembangan Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 134 Orang dan Konfirmasi Baru 97 Orang)

Dari 10 orang yang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir diantaranya 4 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Katingan, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Pulang Pisau, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Barito Selatan, 2 orang merupakan warga asal Kabupaten barito Timur dan 1 orang lainnya merupakan warga asal Murung Raya.

Sebanyak 10 pasien yang dinyatakan sembuh, masing-masing 6 orang yang menjalani perawatan di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, 2 orang yang menjalani perawatan di RSUD Murjani Sampit dan 2 orang lainnya yang menjalani perawatan di Karantina Pemerintah Daerah Kapuas dan RSUD Soemarno Sostroatmojo.

Total sebanyak 115 orang termasuk dengan 10 orang yang baru dinyatakan sembuh, masing-masing sebanyak 76 orang berdasarkan hasil dari RSDS Palangka Raya, 9 orang diantaranya dinyatakan sembuh dalam 24 terakhir, 15 orang berdasarkan hasil dari RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, 14 orang berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit, 1 orang diantaranya dinyatakan sembuh dalam 24 terakhir, RSUD Soemarno Sostroatmojo Kapuas 1 orang dan 9 orang lainnya berdasarkan hasil dari RS Siloam Palangka Raya.

Hal yang sama turut terjadi pada kasus positif Covid-19 di Kalteng saat ini, meskipun dilaporkan peningkatan pada kasus positif Covid-19 tidak sebanyak peningkatan yang terjadi pada kasus sembuh dalam 24 jam terakhir. Terjadi penambahan pada kasus positif dalam 24 jam terakhir sebanyak 7 orang.

Terkonfirmasi positif yang baru sebanyak 7 orang yakni, 5 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Timur dan 1 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Kapuas.

Saat ini, ke 7 orang yang baru dinyatakan positif dalam 24 jam terakhir berada di sejumlah Rumah Sakit Rujukan Covid-19 yakni 5 orang berada di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, 1 orang berada RSUD S. Soemarno Kapuas dan 1 orang lainnya saat ini berada di RS Kota Palangka Raya.

Hingga saat ini total kasus positif yang dilaporkan mencapai 241 kasus positif yakni 115 orang sudah dinyatakan sembuh, 11 orang meninggal dunia dan sisanya sebanyak 115 pasien positif yang masih menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 di Kalteng.

Sebanyak 118 pasien positif Covid-19 yang tersisa saat ini, masing-masing yang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya tersisa 28 orang saat ini, RSSI Pangkalan Bun tetap 21 orang, RSUD Murjani Sampit tersisa 12 orang, Karantina Pemerintah Daerah Kapuas dan RSUD Soemarno Sostroatmojo menjadi 12 orang, RSUD Puruk Cahu tetap 12 orang, RSUD Ulin Banjarmasin (Bjm) tetap 1 orang, RS Siloam Palangka Raya tetap 10 orang, RSUD Mas Amsyar tetap 10 orang, RSUD Jaraga Sasameh tetap 4 orang, RSUD Pulang Pisau tetap 1 orang dan RS Kota Palangka Raya menjadi 4 orang.

Sementara, tingkat kematian atau Case Fatality Rate (CFR) Covid-19 di Kalteng saat ini dilaporkan masih tetap berada di angka 4,8 persen. Jumlah pasien meninggal dunia akibat Covid-19 hingga saat ini tetap 11 orang.

Kasus Pasien Dengan Pengawasan (PDP) di Kalteng saat ini kembali mengalami pengurangan sebanyak 15 orang dalam 24 jam terakhir sehingga tersisa 54 orang saat ini.

PDP di RSDS Palangka Raya berkurang menjadi 23 orang saat ini, PDP di RSUD Murjani Sampit berkurang menjadi 3 orang saat ini, PDP di RSUD Soemarno Sosroadmodjo Kapuas tetap 7 orang saat ini, PDP di RSUD Muara Teweh tetap 4 orang saat ini, PDP di RSUD Jaraga Sasameh tetap 1 orang saat ini, PDP di RS Bhayangkara tetap 1 orang, PDP di RSUS Sukamara tetap berjumlah 2 orang saat ini, PDP di RSUD Pulang Pisau tetap berjumlah 1 orang saat ini, PDP di RSUD Murung Raya berkurang menjadi 2 orang, PDP di RSUD Kuala Kurun tetap berjumlah 1 orang saat ini, PDP di RSUD RSSI Pangkalan Bun bertambah menjadi 6 orang saat ini dan PDP di RS Siloam Palangka Raya tetap 3 orang saat ini.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka Raya 18 orang, Kabupaten Barito Utara 4 orang, Kabupaten Pulang Pisau 2 orang, Kabupaten Katingan 2 orang, Kabupaten Kapuas 10 orang, Kabupaten Barito Selatan 1 orang, Kabupaten Gunung Mas 2 orang, Kabupaten Murung Raya 5 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 1 orang, Kabupaten Sukamara 2 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 6 orang dan Kabupaten Seruyan 1 orang.

Untuk kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) saat ini mengalami pengurangan sebanyak 19 orang sehingga tersisa 197 orang saat ini.

ODP terbanyak tetap ada di Kota Palangka Raya berjumlah 66 orang. (WDY)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook