Tingkat Kesembuhan Naik Signifikan, Kasus Baru Positif Covid-19 Tidak Bertambah

Kontribusi dari Widia Natalia, 14 Mei 2020 15:45, Dibaca 531 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Kabar baik, perkembangan penanganan Covid-19 di Kalimantan Tengah (Kalteng) terus menunjukkan tanda-tanda positif. Hal ini dikarenakan adanya data yang menunjukan jumlah pasien sembuh dari Covid-19 terus mengalami peningkatan.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng, hingga Kamis (14/05/2020) dilaporkan jumlah pasien sembuh bertambah 10 orang menjadi total 81 orang saat ini.

(Baca Juga : Perkembangan Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 89 Orang dan Konfirmasi Baru 62 Orang)

Dari 10 orang yang dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir diantaranya 5 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Katingan, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Pulang Pisau, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Barito Selatan dan 2 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Barito Timur. Sebanyak 10 pasien yang dinyatakan sembuh semuanya berasal dari hasil dari Rumah Sakit (RS) Doris Sylvanus, Palangka Raya.

Total sebanyak 81 orang termasuk dengan 10 orang yang baru dinyatakan sembuh, masing-masing sebanyak 54 orang berdasarkan hasil dari RSDS Palangka Raya, 15 orang berdasarkan hasil dari RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, 11 orang berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit dan 1 orang lainnya berdasarkan hasil dari RS Siloam Palangka Raya. Dilaporkan, bahwa laju pertumbuhan jumlah kasus baru saat ini menurun.

Sementara, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kalteng, bahwa jumlah kasus positif masih sama dengan hari kemarin yakni Rabu, 13 Mei 2020 berjumlah 223 orang.

Dengan terjadinya penambahan pada pasien yang dinyatakan sembuh, dari 223 total kasus positif yang dilaporkan, diantaranya 131 orang masih dalam perawatan, 81 orang dinyatakan sembuh dan 11 orang meninggal dunia.

Sebanyak 131 pasien positif Covid-19 yang tersisa saat ini, masing-masing yang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya tersisa 42 orang saat ini, RSSI Pangkalan Bun 21 orang, RSUD Murjani Sampit 15 orang, Karantina Pemerintah Daerah Kapuas dan RSUD Soemarno Sostroatmojo sebanyak 10 orang, RSUD Puruk Cahu 12 orang, RSUD Ulin Banjarmasin (Bjm) 1 orang, RS Siloam Palangka Raya 17 orang, RSUD Mas Amsyar 10 orang dan RSUD Jaraga Sasameh 3 orang.

Dalam 24 jam terakhir, dilaporkan pula bahwa tingkat kematian (mortality rate) pasien Covid-19 di Kalteng sampai saat ini masih tetap sebanyak 11 orang. Untuk Kasus Pasien Dengan Pengawasan (PDP) di wilayah Kalteng mengalami penambahan sebanyak 4 orang dalam 24 jam terakhir sehingga menjadi 65 orang saat ini.

PDP di RSDS Palangka Raya bertambah menjadi 33 orang saat ini, PDP di RSUD Murjani Sampit bertambah menjadi 4 orang saat ini, PDP di RSUD Soemarno Sosroadmodjo Kapuas tetap berjumlah 10 orang saat ini, PDP di RSUD Muara Teweh bertambah menjadi 3 orang saat ini, PDP di RSUD Jaraga Sasameh berkurang menjadi 2 orang saat ini, PDP di RS Bhayangkara tetap 1 orang, PDP di RSUS Sukamara tetap berjumlah 2 orang saat ini, PDP di RSUD Pulang Pisau tetap berjumlah 2 orang saat ini, PDP di RSUD Murung Raya bertambah menjadi 3 orang, PDP di RSUD Kuala Kurun berkurang menjadi 1 orang saat ini dan PDP di RSUD RSSI Pangkalan Bun tetap berjumlah 4 orang saat ini.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka Raya 19 orang, Kabupaten Barito Utara 3 orang, Kabupaten Pulang Pisau 3 orang, Kabupaten Katingan 7 orang, Kabupaten Kapuas 13 orang, Kabupaten Barito Timur 2 orang, Kabupaten Barito Selatan 2 orang, Kabupaten Gunung Mas 5 orang, Kabupaten Murung Raya 3 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 2 orang, Kabupaten Sukamara 2 orang dan Kabupaten Kotawaringin Barat 4 orang saat ini.

Untuk kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) turut mengalami penambahan sebanyak 9 orang menjadi 236 orang.

Konfirmasi hasil Laboratorium Covid-19 yang diperiksa menggunakan RT-PCR yakni, di RSUD Palangka Raya sebanyak 234 orang dinyatakan negatif berdasarkan 2x swab, 26 orang di RSSI Pangkalan Bun berdasarkan 2x swab, 24 orang di RSUD Murjani berdasarkan 2x swab, 1 orang di RSUD Muara Teweh berdasarkan 2x swab, dan 1 orang lagi di RSUD Kapuas berdasarkan 2x swab. Sedangkan yang masih dalam pemeriksaan diantaranya di RSDS berjumlah 104 orang, RSSI Pangkalan Bun berjumlah 124 orang, RSUD Murjani berjumlah 6 orang, RSUD Muara Teweh berjumlah 10 orang, RSUD Kapuas 55 orang, RSUD Murung Raya 77, RSUD Mas Amsyar 51 orang dan RSUD Pulang Pisau 6 orang.

Saat ini seluruh wilayah Kalteng yang terdiri dari 1 Kota dan 13 Kabupaten menjadi zona merah.(WDY)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook