Sosialisasikan Saber Pungli, Satgas Saber Pungli Kobar Gandeng Bhabinkantibmas

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 08 Mei 2020 10:47, Dibaca 5 kali.


MMCKalteng - Kobar - Pungutan liar atau pungli adalah pengenaan biaya di tempat yang tidak seharusnya biaya dikenakan atau dipungut. Untuk itu segala jenis dan bentuk pungli ditengah masyarakat harus dihapus. Sebagai bentuk  implementasi Perpres 87 Tahun 2016, Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kotawaringin Barat (Satgas Saber Pungli Kobar) terus bekerja keras untuk memberantas praktek pungli. Salah satu bentuk kegiatannya adalah sosialisasi secara masif ditengah masyarakat terkait bahaya pungli.

Saat ini Satgas Saber Pungli Kobar bekerjasama dengan Polres Kobar melalui Satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas). Binmas akan menggandeng dan menerjunkan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkantibmas) ke desa-desa dan masyarakat untuk secara terus menerus sosialisasi terkait saber pungli.

(Baca Juga : Disdik Kapuas Kuatkan Program Pemerataan dan Akses Berkualitas)

Hal itu disampaikan oleh Kasat Binmas Polres Kobar AKP Sayem Sunarto saat serah terima 60 buah spanduk Saber Pungli untuk sosialisasi yang diberikan oleh Satgas Saber Pungli Kobar pada Jum’at (8/5/2020).

“Kami berterima kasih atas pemberian alat peraga (spanduk) oleh satgas saber pungli Kobar. Setelah ini kami akan koordinasi dengan Polsek dan menggerakkan Bhabinkantibmas agar lebih giat lagi mensosialisasikan saber pungli di tengah masyarakat,” ujar AKP Sayem Sunarto.

Ia menambahkan bahwa saat ini para Bhabinkantibmas telah terjun ke tengah masyarakat untuk sosialisasi saber pungli. Mereka sudah sosialisasi di semua kecamatan yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Wakil Ketua Pelaksana I Satgas Saber Pungli Kobar, Agus Suparji menyampaikan bahwa sudah menjadi kewajiban satgas untuk berkoordinasi dengan semua pihak agar praktek pungli bisa dihilangkan di tengah masyarakat.

“Kami berterimakasih dan sangat terbantu dengan para Bhabinkantibmas yang telah terjun ke tengah masyarakat untuk sosialisasi saber pungli. Sehingga masyarakat akan sadar akan bahayanya pungli. Apalagi saat ini banyak bantuan-bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah,” kata Agus Suparji yang juga selaku Inspektur Kabupaten Kobar.

“Kalau masyarakat sadar akan bahaya pungli, maka mereka akan saling mengawasi berbagai pelayanan di tengah masyarakat agar bebas dari pungli,”pungkasnya. (inspektorat kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook