Gugus Tugas Sampaikan Data Terbaru Sebaran Covid-19 di Kalteng

Kontribusi dari Widia Natalia, 30 Maret 2020 15:49, Dibaca 8 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) sampaikan perkembangan terkini kasus Covid-19 di wilayah Kalteng, per 30 Maret 2020 pukul 15.00 WIB, dari 7 orang warga Kalteng yang dinyatakan positif Covid-19, 1 orang diantaranya dinyatakan sembuh.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng Leonard S. Ampung saat pimpin press release melalui live streaming di media sosial (Medsos) Facebook MMCtv Kalteng, didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul dan Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Prov. Kalteng Agus Siswadi di ruang Media Center Covid-19 Kantor Gubernur Kalteng, Senin (30/03/2020).

(Baca Juga : Kasus Harian Covid-19 di Kalteng, 24 Desember 2022 : Sembuh 9 Orang, Konfirmasi 4 Orang. Mari Terus Disiplin Prokes)

Lebih lanjut disampaikan, jumlah Pasien Dengan Pengawasan (PDP) di wilayah Kalteng tetap berjumlah 39 orang. 34 orang sedang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya. Pada hari sebelumnya, jumlah PDP di RSDS berjumlah 35 orang, hal ini menunjukan data PDP di RSDS berkurang 1 orang. Sementara, di Kabupaten Kotawaringin Barat, RS Sultan Imanuddin Pangkalan Bun tetap berjumlah 4 orang dan 1 orang lainnya berada di RSUD Jaraga Sasameh Buntok, Kabupaten Barito Selatan.

Leonard S. Ampung menuturkan 39 orang PDP tersebut berasal dari sejumlah Daerah. Kota Palangka Raya berjumlah 25 orang, sebelumnya PDP yang berasal dari Kota Palangka Raya berjumlah 28 orang.
Lanjut disambung oleh Ketua Gugus Tugas Covid-19, Kabupaten Kotawaringin Barat tetap berjumlah 3 orang, Barito Selatan bertambah 1 orang sehingga menjadi 3 orang. 1 orang PDP di Barito Selatan di isolasi di RSUD Jaraga Sasameh dan 2 orang lainnya di RSDS Palangka Raya. Kemudian Barito Utara tetap berjumlah 1 orang, Katingan berjumlah 1 orang, Murung Raya berjumlah 2 orang, Barito Timur bertambah 1 orang menjadi 2 orang dan Sukamara tetap 1 orang.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kalteng kembali menuturkan total kasus positif Covid-19 di Kalteng berjumlah 7 orang, masing-masing yakni 6 orang sedang dalam perawatan dan 1 orang dinyatakan sembuh. Saat ini ke 6 orang pasien positif Covid-19 masih menjalani perawatan di RS rujukan Doris Sylvanus (RSDS).

Konfirmasi hasil Laboratorium PDP Covid-19 di RS rujukan, yakni sebanyak 37 orang dinyatakan negatif, masing-masing 30 orang yang berada di RSDS Palangka Raya dan 7 orang berada di RSSI Pangkalan Bun. Sedangkan yang masih dalam pemeriksaan diantaranya di RSDS berjumlah 36 orang dan di RSSI Pangkalan Bun berjumlah 4 orang.

Sebelumnya Leonard menjelaskan yakni Orang Dalam Pemantauan (ODP) di wilayah kalteng turut mengalami kenaikan yang signifikan. Pada hari ini, ODP berjumlah 545 orang. Data per 29 Maret 2020 pukul 15.00 WIB hanya berjumlah 438 orang. ODP mengalami penambahan sebanyak 107 orang dalam kurun waktu 24 jam.

Sebaran kasus ODP di Kalteng berada di sejumlah wilayah diantaranya Kota Palangka Raya 209 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 92 orang, Kabupaten Seruyan 44 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 33 orang, Kabupaten Barito Selatan 38 orang, Kabupaten Lamandau 33 orang, Kabupaten Kapuas 18 orang, Kabupaten Katingan 20 orang, Kabupaten Sukamara 9 orang, Kabupaten Barito Utara 7 orang, Kabupaten Barito Timur 13 orang, Kabupaten Murung Raya 10 orang, Kabupaten Pulang Pisau 16 orang dan Kabupaten Gunung Mas 3 orang.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Gugus Tugas Covid-19 Kalteng, Penyemprotan Disinfektan yang dilakukan oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng bersama dengan Kota Palangka Raya sudah mengcover hampir seluruh wilayah kota Palangka Raya. Hari ini saja, pihaknya sudah melakukan penyemprotan di sejumlah lokasi diantranya Jl. Yos Sudarso dan wilayah Kota Palangka Raya. (WDY/Foto:Yudis)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook