Percepatan Penanganan Covid-19, Gubernur Gelar Vicon Bersama Kepala Daerah

Kontribusi dari Widia Natalia, 24 Maret 2020 16:27, Dibaca 342 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) gelar Video Conference (Vidcon), Gubernur Kalteng bersama dengan seluruh Bupati se - Kalteng, menyampaikan perkembangan kasus Pandemi Covid-19 di wilayah Kalteng, bertempat di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (24/03/2020).

Rapat terbatas diikuti oleh Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri dan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng Leonard S. Ampung.

(Baca Juga : Perkembangan Terbaru Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 5 Orang, Positif 18 Orang )

Gubernur H. Sugianto Sabran mengungkapkan kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dengan Pengawasan (PDP) terus mengalami peningkatan dari hari sebelumnya. Berdasarkan info per 24 Maret 2020, Pukul 15.00 WIB, bahwa jumlah Positif Covid-19 di wilayah Kalteng bertambah dari 2 orang menjadi 3 orang positif Covid-19. Ketiganya berasal dari Kota Palangka Raya, yang masing-masing berusia 55 Tahun,  20 Tahun dan 12 Tahun. 

Lebih lanjut disampaikan, kondisi 3 orang warga Kalteng yang terpapar Covid-19 masih distabilkan dan sedang berada di ruang isolasi Rumah Sakit (RS) Rujukan Covid-19 RSUD Doris Sylvanus.

Orang nomor satu di Tambun Bungai mengatakan saat ini Kota Palangka Raya sudah memasuki zona merah. 

Gubernur menghimbau kepada seluruh masyarakat Kalteng berdasarkan Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI), untuk sementara waktu agar tidak bepergian keluar Daerah dalam 3 Bulan kedepan.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, masyarakat juga dihimbau untuk mengikuti aturan yang sudah dikeluarkan oleh Pemerintah yakni untuk lebih banyak berdiam di rumah, tidak berada di keramaian serta menjaga jarak antara satu dengan yang lainnya minimal sekitar 1,5 meter. 

"Kemungkinan ODP bisa terus bertambah, kita sudah siapkan tempat-tempat pelayanan bagi pasien suspek Covid-19", ucap H. Sugianto Sabran.


H. Sugianto Sabran menekankan agar seluruh RS di Kalteng harus siap menjadi RS transit Covid-19.

Pemprov.Kalteng sudah melakukan berbagai upaya guna mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Kalteng diantaranya menyiapkan RS darurat, melakukan edukasi kepada masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, menutup tempat-tempat wisata, menyiapkan peralatan kesehatan bagi tenaga medis serta melakukan penyemprotan disinfektan ditempat-tempat umum dan rumah-rumah ibadah.

Menyikapi status Kalteng yang saat ini berstatus Tanggap Darurat, pihaknya juga telah menyiapkan langkah-langkah guna mengantisipasi adanya Panic buying atau tindakan membeli barang dalam jumlah besar.

Gubernur juga mengatakan, agenda Pemerintah Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kalteng ditiadakan. (WDY/Foto:Asef)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook