Bersinegi dengan KSOP Kumai dan Pangkalan Bun, Dishub Kobar Persiapkan Gerai Pengurusan Dokumen Kapal Dibawah 7 GT

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 21 Februari 2020 10:02, Dibaca 280 kali.


MMCKalteng - Kobar - Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten (Kobar) mengikuti kegiatan Rapat Pembahasan Gerai Pelayanan Penertiban Dokumen Kapal Sungai dan Danau di Aula Dishub Provinsi Kalteng, Jum’at (21/2/2020).

Rapat yang dihadiri oleh 14 Kepala Dishub kabupaten/kota se-Kalteng serta seluruh Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) di wilayah Kalimantan Tengah ini dipimpin langsung oleh Plt Kepala Dishub Provinsi Kalteng Yulindra Dedy.

(Baca Juga : Kahayan Hilir dan Jabiren Raya Laksanakan Bursa Inovasi Desa)

Rapat ini membahas tentang pengurusan dokumen kapal dibawah 7 Gross Tonnage (GT) yang beroperasi di sungai dan danau sesuai Keputusan Menteri Perhubungan RI Nomor 73 Tahun 2004 dan Keputusan Menteri Perhubungan RI Nomor 58 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Angkutan Sungai dan Danau.

Plt Kepala Dishub Kabupaten Kobar Majerum Purni menyampaikan bahwa kelengkapan dokumen legalitas kapal dimaksudkan untuk memastikan terpenuhinya aspek keselamatan dan keamanan pelayaran.

Rencana gerai pelayanan pengurusan dokumen kapal dibawah 7 GT yang akan dibuka ini diharapkan akan memudahkan dalam mengurus dokumen kapal bagi para pemilik kapal, khususnya yang beroperasi di Kabupaten Kobar.

"Untuk langkah selanjutnya Dinas Perhubungan Kabupaten Kotawaringin Barat akan bersinergi dan bekerja sama dengan KSOP Kumai dan KSOP Pangkalan Bun serta instansi terkait untuk persiapan pembukaan gerai pelayanan pengurusan dokumen kapal dibawah 7 GT guna memberikan kemudahan pelayanan legalitas kapal kepada masyarakat, khususnya para pemilik kapal di Kabupaten Kotawaringin Barat,” tegas Majerum Purni.

Dikutip dari Wkipiedia, Tonase kotor (bahasa Inggris: gross tonnage, disingkat GT) adalah perhitungan volume semua ruang yang terletak di bawah geladak kapal ditambah dengan volume ruangan tertutup yang terletak di atas geladak ditambah dengan isi ruangan beserta semua ruangan tertutup yang terletak di atas geladak paling atas (superstructure).

Tonase kotor dinyatakan dalam ton yaitu suatu unit volume sebesar 100 kaki kubik yang setara dengan 2,83 kubik meter. (dishub kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook