Seluruh Stakeholder, Masyarakat Dan Dunia Usaha Dorong  Kabupaten Gunung Mas Layak Anak

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 10 Maret 2020 05:14, Dibaca 13 kali.


Gunung Mas – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas), melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencanan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak DP2KBP3A Kabupaten Gunung Mas menggelar penyusunan tim gugus tugas Kabupaten layak anak dan rencana aksi daerah (GT-KLA dan RAD-KLA).

Pembentukan Gugus Tugas ini diperlukan untuk proses pembahasan dan perjanjian aspirasi untuk penyusunan dan rencana awal Tim GT-KLA dan RAD – KLA Tahun 2020.

(Baca Juga : Kabut asap mulai terasa di Kota Palangka Raya)

Hal ini disampaikan Sekretaris Derah Kabupaten Gunung Mas Yansiterson dalam sambutan tertulis Bupati Gunung Mas, Senin (9/3/2020).

Yansiterson menerangkan, seperti kita ketahui bersama bahwa pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Pemerempuan dan Perlindungan Anak telah mendesain dan mensosialisasikan sebuah sistem dan strategi pemenuhan hak-hak anak yang terintegrasi dan berkelanjutan dengan mengembangkan kebijakan Kabupaten layak anak (KLA).

Kebijakan KLA bertujuan untuk mensinergikan sumber daya pemerintah, masyarakaat dan dunia usaha sehingga pemenuhan hak-hak anak dapat lebih dipastikan. Kebijakan ini juga merupakan inplementasi dari tindak lanjut komitmen dunia.

“RAD merupakan acuan penting untuk mengembangkan KLA secara sitematis, terarah dan tepat sasaran,” kata Yansiterson.

Menurutnya, bahwa poin terpenting dari proses pengembangan KLA, yaitu koordinasi diantara para stakeholder pemenuhan hak-hak anak yang dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan.

“Oleh karena itu kami sangat berharap penguatan koordinasi para stakeholder dapat terus ditingkatkan dan terus melakukan secara rutin,” jelanya.

Karena itu, akan menjadi kewajiban kita bersama untuk menjadikan lebih berkualitas, sehingga mereka akan menjadi modal pembangunan.

Untuk itu peran seluruh perangkat kepentingan pemerintah, masyarakat dan dunia usaha harus bahu-membahu untuk dapat mewujudkan Kabupaten Gunung Mas menjadi Kabupaten layak anak.

“Kami berharap kegiatan penyusunan tugas Kabupaten layak anak ini kiranya dapat saling mendukung dan saling membantu dalam menjalankan tugas dalam tim dan penyusunan RAD-KLA, dan peningkatan kesejahteraan dan kamajuan daerah yang kita cintai ini,” imbuhnya.

 

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook