Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus KWOD Se-Kalteng Masa Bakti 2020-2025

Kontribusi dari Widia Natalia, 12 Februari 2020 20:35, Dibaca 607 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Gubernur Kalimantan Tengah melantik dan mengukuhkan Pengurus Kerukunan Warga Ot Danum (KWOD) Provinsi serta pengurus Kabupaten/ Kota se-Kalteng periode Tahun 2020-2025.


Acara pelantikan dan pengukuhan digelar di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (12/02/2020). Acara tersebut juga dihadiri oleh Anggota DPR-RI Dapil Kalteng Agustiar Sabran, Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph, Bupati Seruyan Yulhaidir serta beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

(Baca Juga : Gubernur Berharap BPKP Kalteng Bisa Berperan Sebagai Auditor Sekaligus Partner Pemprov)


Berdasarkan Surat Keputusan Pendiri KWOD Kalteng No.01./SK/PP/PP/KWOD-KT/II/2020, tanggal 12 Februari 2020, struktur kepengurusan KWOD Provinsi Kalteng periode 2020-2025 sebagai berikut, Dewan Pembina adalah oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, Dewan Pendiri Dr. Siun Jarias, Dewan Pelindung adalah Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya dan Ketua DPRD Provinsi Kalteng Wiyatno, serta terdiri dari 3 (tiga) orang Dewan Kehormatan, 16 (enam belas) orang Dewan Penasehat, 10 (sepuluh) orang Dewan Pakar dan pengurus inti KWOD dengan Ketua Umum Guntur Talajan serta 11 (sebelas) orang pengurus lainnya.


Pengangkatan dan penetapan susunan pengurus KWOD dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan eksistensi organisasi kemasyarakatan dan kelancaran pelaksanaan tupoksi serta pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi, pendidikan, sosial budaya, politik hukum dan yang lainnya.


Selain itu, untuk mempermudah sistem koordinasi dan pelayanan terhadap KWOD, maka dirasa perlu untuk menetapkan unsur ketua dari semua daerah aliran sungai yang berpenduduk ot danum seperti Das Barito, Das Kapuas, Das Kahayan, Das Katingan, Das Mentaya dan Das Seruyan.



Gubernur Kalteng dalam sambutannya menyampaikan Pemprov. Kalteng sangat mengapresiasi KWOD , dimana Putra dan Putri suku Dayak Ot Danum telah banyak membantu Pemerintah baik di dalam Pemerintah Daerah, OPD maupun dalam kehidupan bermasyarakat pada umumnya.


Orang Nomor Satu di Tambun Bungai tersebut sangat menyambut baik keberadaan Kepengurusan KWOD di Kalteng.


“Terkait keberadaan Kepengurusan KWOD di Kalteng, kita menyambut baik hal tersebut dan sudah seharusnya memiliki wadah untuk menyuarakan aspirasnya”, ucap Sugianto.


Dengan adanya Pelantikan dan pengukuhan, Gubernur berharap seluruh pengurus KWOD bersama dengan masyarakat memberikan kontribusi dalam pembangunan bagi kepentingan Bangsa dan Negara pada umumnya serta masyarakat Kalteng dalam rangka mewujudkan Kalteng BERKAH.


Rangkaian acara Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus KWOD juga diisi dengan penyerahan bantuan dari Gubernur Kalteng kepada 15 sanggar dan 200 penari atas keberhasilan dan dedikasi dalam menampilkan yang terbaik pada acara Pembukaan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2019, dengan total bantuan sebesar 200 Juta Rupiah. (WN/Foto:Yudis/Sekdakalteng)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook