DKSIP Kobar Ikuti Assessment Program Gerakan Menuju 100 Smart City

Kontribusi dari Muhammad Agusta Wijaya, 06 Maret 2018 16:06, Dibaca 602 kali.


MMCKalteng - Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian (DKISP) dan Bappeda Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengikuti assesment program Gerakan Menuju 100 Smart City Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo, Senin (5/3) bertempat di Gedung PusTIKnas Jl. Kertamurti No. 10 Ciputat Tangerang Selatan.

Gerakan menuju 100 Smart City merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian Kominfo ditujukan untuk memaksimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam ekosistem smart city.

(Baca Juga : Alumni KPG/SPG Kapuas Akan Reuni Akbar)

Gerakan dimaksud diatas, diselenggarakan secara bertahap, dimana tahap pertama telah dilakukan pendampingan terhadap 25 kabupaten/kota pada tahun 2017, dan diharapkan pada tahun 2019 ada 100 kabupaten/kota yang dijadikan role model dalam pengimplementasikan program smart city.

Assesment ini diikuti oleh 120 dari 154 kabupaten/kota dari seluruh Indonesia yang dipanggil sebagai nominator, kemudian dilanjutkan dengan mengambil 75 kabupaten/kota yang memenuhi kriteria penilaian.

Pada penilaian ini, DKISP Kobar menghadapi tim asesor sebanyak empat orang, terdiri dari satu orang dari Kementerian Keuangan, satu orang dari Kementerian Kominfo, dan dua orang dari Kantor Staf Kepersidenan. Subtansi yang diasesment meliputi aspek perencanaan dan aspek teknis terkait kondisi kesiapan Kabupaten Kobar menjadi Kabupaten smart city, seperti SDM, infrastruktur, kelembagaan dan anggaran, meliputi hal yang telah dikerjakan dan rencana yang akan dilakukan. Apabila dinyatakan lolos penilaian pada tahap ini, nominator akan dipanggil untuk mengikuti penilaian selanjutnya yang akan dilaksanakan pada bulan Juli nanti.

Secara umum tim asesor memberikan respon positif, dimana paparan DKISP Kobar mendapat apresiasi. Sebagai tindak lanjut dari asesmen ini, DKISP Kobar akan menyusun roadmap smart city yang dituangkan dalam masterplan. (Humas Kominfo Kobar)

Muhammad Agusta Wijaya

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook