Wabup Buka FASI Ke XI

Kontribusi dari DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS, 09 Januari 2020 11:13, Dibaca 426 kali.


mmckalteng - KUALA KAPUAS - Kegiatan Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) ke IX Tingkat Kabupaten Kapuas dan khataman massal santri Taman Kanak-Kanak Al-Qur`an (TKA) dan Taman Pendidikan Al-Qur`an (TPA) se Kabupaten Kapuas di buka langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Kapuas H M Nafiah Ibnor di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kapuas, Kamis (09/01/2020) pagi.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Kapuas menyampaikan permohonan maaf serta salam dari Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat yang dalam kesempatan tersebut tidak dapat hadir. Disampaikannya dalam kesempatan itu bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas menyambut baik atas telaksananya kegiatan tersebut, dengan harapan kegiatan tersebut dapat terus meningkat.

(Baca Juga : Ini Perangkat daerah yang realisasi keuangannya mencapai 20 persen)


“Kita berharap kegiatan seperti ini dapat terus ditingkatkan karena bila kita mencintai Al Quran terlebih tuntas baca tulis Al Quran maka insyaallah akan mendapat rahmat dari Allah,” ucapnya.

Sementara dalam laporannya Ketua Umum DPD Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Kapuas, Miftahul Aqli menjelaskan bahwa kegiatan hari itu masih dalam rangka Hari Amal Bakti Kemenag ke 74 dan menerangkan bahwa FASI adalah agenda nasional sementara Khataman dilaksanakan untuk memeriahkan kegiatan FASI serta Hari Amal Bakti tersebut. Maksud dan tujuan kegiatan sendiri untuk memberikan motivasi kepada santri agar mencintai Al Quran dan mengapresiasi kepandaian Baca Tulis Al Quran serta memperkokoh tali silaturahim.


Kegiatan FASI ke XI tingkat Kabupaten Kapuas sendiri diikuti oleh 12 Kecamatan dengan jumlah 501 orang dan untuk Khataman Al Quran pada hari itu diikuti oleh 311 peserta sehingga pada hari itu yang mengikuti kegiatan ada sebanyak 812 orang. Ia juga menerangkan bahwa nantinya piagam penghargaan akan didapatkan atas dilaksanakannya khataman massal oleh LPTQ Kabupaten Kapuas.

Ketua LPTQ Kabupaten Kapuas KH Muchtar Ruslan menyatakan rasa bangga karena atas terlaksananya kegiatan tersebut sebab diikuti oleh banyak peserta dengan harapan dapat membawa rahmat dan kebaikan untuk semuanya. KH Muchtar juga menerangkan bahwa program tuntas baca tulis Al Quran digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas dalam hal itu Dinas Pendidikan yang didukung Kemenag, BKPRMI dan LPTQ Kabupaten Kapuas sehingga Kabupaten Kapuas menjadi masyarakat yang mencintai Al Quran, oleh sebab itu ia mengajak kepada anak-anak untuk belomba-lomba membaca Al Quran dan menghafal Al Quran sejak dini.

Masih dalam kesempatan yang sama Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kapuas H Ahmad Bahruni menerangkan bahwa kegiatan pada hari itu merupakan agenda secara periodik yang tentu memilki nilai starategis dan motivasi untuk mendidik anak-anak sejak usia dini dan menanamkan rasa cinta Al Quran, ia juga berharap agar Kabupaten Kapuas dapat terus memiliki generasi muda yang memilki ilmu pengetahuan, iman dan taqwa.

Ketua Umum DPW BKPRMI Provinsi Kalimantan Tengah Rus’ansyah juga menerangkan bahwa BKPRMI Kabupaten Kapuas aktif mengikuti kegiatan yang diharapkan dapat dipertahankan karena tidak banyak Kabupaten Kota yang melaksanakan BKPRMI. Ucapan syukur juga ia sampaikan karena Kabupaten Kapuas dapat kegiatan ada hari itu, karena menurutnya jika FASI dilaksanakan lebih dulu maka akan panjang waktu persiapan untuk mengikuti kegiatan FASI tingkat provinsi  yang insyaallah akan dilaksanakan tanggal 9 sampai 12 April 2020 di Kota Sampit Kabupaten Kota Waringin Timur dan untuk tingkat Nasional akan dilaksanakan tanggal 20 sampai dengan 23 Juni 2020 yang mana Kalimantan Tengah menjadi tuan rumah. Terkait Program Baca Tulis Al Quran di Kabupaten Kapuas ia menyampaikan mendukung penuh atas program tersebut. (Hmskmf)

DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook