Pemprov Kalteng Sampaikan Capaian Kinerja di Malam Lepas Sambut Tahun 2019 ke 2020

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 01 Januari 2020 03:21, Dibaca 1,063 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Acara Do’a Bersama Dan Malam Lepas Sambut Tahun 2019 Ke 2020 digelar di Bundaran Besar, Kota Palangka Raya, Selasa (31/12/2019).

Turut hadir Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya, Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri, Ketua DPRD Prov. Kalteng Wiyatno, Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, Unsur Forkopimda, sejumlah Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemprov Kalteng dan Kota Palangka Raya, serta para tamu undangan lainnya.

(Baca Juga : Sekda Kalteng Hadiri Upacara Pembukaan Jaksa dan ASN Peduli Kebakaran Hutan dan Lahan)

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap menjelang pergantian tahun sebagai wujud rasa syukur atas semua pencapaian dan berkah yang diberikan oleh Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa selama Tahun 2019 sekaligus memohon perlindungan dan bimbingan NYA dalam menyambut Tahun Baru 2020 yang tidak lama lagi akan kita hadapi bersama.

“Dalam kesempatan yang berbahagia ini, Saya ingin mengajak kita semua untuk merefleksikan berbagai hasil-hasil pembangunan yang telah berhasil tercapai sepanjang Tahun 2019 dan hal-hal apa saja yang perlu lebih kita cermati untuk perbaikan pada masa selanjutnya,” ucap Wagub Kalteng saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng.

Pihaknya menyampaikan sepanjang Tahun 2019 Pemprov Kalteng beserta jajaran senantiasa berkomitmen untuk tetap optimal dalam melaksanakan berbagai program dan kegiatan sebagai implementasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2016-2021, sehingga menghasilkan beberapa capaian kinerja pembangunan antara lain :

1. Pertumbuhan ekonomi Kalimantan Tengah telah tumbuh sebesar 5,31% (sampai Triwulan III Tahun 2019) ditengah tekanan perekonomian global;

2. Inflasi pada November 2019 sebesar 0,39% dengan tingkat inflasi (year on year) sebesar 3,02%;

3. Angka Gini Ratio per Maret 2019 sebesar 0,336;

4. Tingkat Kemiskinan per Maret 2019 sebesar 4,98%;

5. Tingkat Pengangguran Terbuka per Agustus 2019 sebesar 4,10 %;

6. Indeks Pembangunan Manusia sebesar 70,42 %;

7. Penilaian Opini Badan Pemeriksa Keuangan dan Kementerian Keuangan RI yang tetap dapat kita pertahankan dalam posisi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama lima tahun berturut-turut;

8. Selama 3 Tahun Provinsi Kalimantan Tengah meraih berbagai penghargaan Tingkat Nasional antara lain yaitu :

9. Penghargaan Penanganan Konflik Sosial Tingkat Nasional Tahun 2017 dari Kementerian Dalam Negeri;

10. Pada Bulan Agustus Tahun 2017 Sebagai Penghargaan Bagi Daerah yang mempunyai Pertumbuhan Ekonomi di atas Nasional Gubernur Kalimantan Tengah Diminta Sebagai Pembicara Kehormatan Dalam Forum Diskusi Internasional (Idf) Yang Dilaksanakan Bappenas Di Jakarta.

11. Penghargaan Kesetiakawanan Sosial Tahun 2017 dari Kementerian Sosial;

12. Penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan Tahun 2017 dari Kementerian Ketenagakerjaan;

13. Penghargaan Produktivitas Paramakarya Tingkat Nasional Tahun 2017 dari Kementerian Ketenagakerjaan;

14. Sejak tahun 2017, melalui Rekomendasi KPK Provinsi Kalimantan Tengah Telah Dijadikan Pilot Project Kebijakan Satu Peta (KSP) di Bidang Perkebunan, dengan KSP tersebut Kalimantan Tengah diakui telah memiliki Data yang cukup Untuk Membuat Peta Kesesuaian Lahan Komoditi Kelapa Sawit, Karet, Kopi Dan Kakao, Bahkan Peta Terkait Perijinan Lahan, Batas Wilayah Antar Perusahaan Dan Lain-Lain.

15. Penghargaan Satya Lencana Pembangunan Bidang Koperasi dan UKM Tahun 2018;


16. Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2018 dari Komisi Informasi Pusat;

17. Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2018 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak;

18. Sebagai Pembina Umum Karang Taruna Tahun 2019 dari Kementerian Sosial;

19. Penghargaan Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja Tahun 2019 dari Kementerian Ketenagakerjaan;

20. Penghargaan Pemerintah Daerah dengan Kinerja terbaik Penyelenggaraan DAK Infrastruktur Wilayah Tengah (Jawa dan Kalimantan) Tahun 2019.

21. Penghargaan berkomitmen dalam melakukan integrasi e-planning dengan SIPD tahun 2019.

22. Penghargaan Peduli Hak Asasi Manusia dari Kementerian Hukum dan HAM RI tahun 2019

23. Penghargaan Gubernur Inovatif 2019 dengan kategori pelayanan masyarakat dalam ajang Kepala Daerah Inovatif 2019

24. Penghargaan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) tahun 2019.

25. Penghargaan Lencana Emas Adhi Bhakti Tani Nelayan Utama sebagai apresiasi kepada Kepala Daerah yang memiliki perhatian dan keberpihakan terhadap kemajuan para petani dan nelayan tahun 2019.

26. Penghargaan Subroto 2019 bidang Kepatuhan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mineral dan batu bara (Minerba) daerah pengelolaan dana bagi hasil terbaik kedua tahun 2019

27. Prestasi 5 besar Korsupgah dalam Aksi Koordinasi, Supervisi dan Pencegahan Korupsi tahun 2019

28. Penghargaan Pemecahan Museum Rekor Indonesia (MURI) Bakar 62 ribu Jagung.

29. Pada Sektor Pariwisata Kalimantan Tengah juga membanggakan antara lain Taman Nasional Tanjung Puting telah mempopulerkan nama Kalimantan Tengah dunia internasional;

30. Pada Sektor Pendidikan, Angka Harapan Lama Sekolah terus meningkat dan berbagai inovasi untuk peningkatan mutu pendidikan menengah dan tinggi yang dilaksanakan antara lain melalui penyediaan bantuan biaya pendidikan (Bidik Misi Kalteng Berkah) kepada putra putri Kalteng yang berprestasi dan kurang mempunyai kemampuan ekonomi;


31. Pada Bidang Kesehatan, kita telah memprogramkan Rumah Sakit Pemerintah Baru Kelas A dan dengan cakupan kepesertaan JKN sebesar 1,8 juta jiwa lebih, sedangkan JKN Kalteng Berkah dianggarkan untuk 90.255 jiwa dengan total premi 25 milyar lebih;

32. Untuk pembangunan infrastruktur, kita telah melaksanakan terobosan yang sangat strategis yaitu Program Multiyears untuk pembangunan dan peningkatan beberapa ruas jalan untuk membuka keterisolasian daerah dan pemerataan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Selain beberapa keberhasilan yang telah tercapai, kita juga harus tetap berkomitmen untuk mengatasi beberapa permasalahan strategis antara lain permasalahan RTRWP dimana porsinya masih sebesar 82% untuk hutan dan 18% non hutan, hal ini tentu mempengaruhi pembangunan dan investasi. Permasalahan lainnya terkait dengan CSR dimana masih sebagian kecil saja perusahaan besar di Bidang Perkebunan dan Pertambangan yang sudah melaksanakan dan berkontribusi melalui Program CSR,” imbuhnya.

Beberapa waktu yang lalu Pemprov Kalteng juga telah berhasil menyelenggarakan Pemilu Tahun 2019 dengan aman, damai, jujur dan adil.  Selanjutnya pada Tahun 2020 tepatnya tanggal 23 September akan melaksanakan Pilkada serentak Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah serta Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur.

“Komitmen yang tinggi dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah tentunya harus didukung Pemerintah Kabupaten/Kota dan jajaran TNI/POLRI serta seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga Kalimantan Tengah tetap aman dan kondusif sehingga kita semua dapat tetap fokus dalam melaksanakan pembangunan daerah,” ujarnya.

“Disamping itu hal terpenting dalam membangun Kalimantan Tengah adalah adanya kebersamaan, sinergitas dan kerjasama yang baik antar Pemerintah, Pihak Swasta dan Masyarakat untuk berkontribusi sesuai perannya masing-masing. Inilah salah satu modal utama dan terpenting dalam pembangunan daerah,” pungkasny. (ARP/Foto:Asep)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook