Deklarasi Kelurahan Layak Anak dan Hari Anak Nasional (HAN) Kabupaten Kapuas

Kontribusi dari DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS, 21 Desember 2019 20:25, Dibaca 1,736 kali.


mmckalteng - KUALA KAPUAS – Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP-3APPKB) Kabupaten Kapuas menggelar kegiatan Deklarasi Kelurahan Layak Anak dan Hari Anak Nasional (HAN) Kabupaten Kapuas di Aula Bappeda, Sabtu (21/12/2019) siang.

(Baca Juga : Upacara Peringatan Hari Santri Nasional di Murung Raya)


Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Kapuas yang diwakilkan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kapuas Ilham Anwar serta diikuti seluruh perwakilan dari siswa siswi SMP dan SMA sederajat di Kota Kuala Kapuas.

Bupati Kapuas dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kapuas Ilham Anwar menyampaikan bahwa peringatan Hari Anak Nasional dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal.

“ Melalui pengembangan Desa maupun Kelurahan Kota Layak Anak maka deklarasi ini menjadi wujud nyata dan peran serta seluruh komponen untuk memotivasi dan mendorong terwujudnya Deas Kelurahan Layak Anak yang mampu mempromosikan, melindungi, memenuhi dan menghormati hak-hak anak,” ungkap Ben dalam sambutannya.

Ditambahkannya yang terpenting dari proses pengembangan Kota/Kabupaten layak anak yaitu koordinasi diantara para stakeholder mengenai pemenuhan hak-hak anak yang dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan.

Sementara itu,  Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kapuas H Dusi dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Program Kabupaten Layak Anak yang dilaksanakan di RT 007 Kelurahan  Selat Dalam Kecamatan Selat sebagai peserta Program Kabupaten Layak Anak merupakan contoh untuk Kabupaten Kapuas.

Dirinya juga menambahkan untuk kedepannya akan ada  tujuh Kelurahan dan dua Desa di Kecamatan Selat yang akan mengikuti kegiatan ini dan diikuti juga oleh 16 Kecamatan di Kabupaten Kapuas.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pembacaan deklarasi yang mana diantaranya berdayakan masyarakat/warga melalui rukun tetangga binaan melibatkan anak peduli lingkungan, sukseskan dan edukasi berkat warga dalam membantu memperbaiki kehidupan sosial warga, membangun dini kepada warga dalam penegakan HAM, turunkan angka kekerasan dalam rumah tangga baik anak maupun perempuan serta menangkal radikalisme dini anak dan pencegahan narkoba. (hmskmf)

DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook