Sekda Serahkan Peralatan Persandian dari BSSN Kepada 4 Kabupaten di Kalteng

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 13 Desember 2019 11:14, Dibaca 11 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri, S.Hut., M.P menyerahkan peralatan persandian dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) kepada 4 Kabupaten, yaitu Kabupaten Kotawaringin Timur, Lamandau, Barito Utara, dan Pulang Pisau. Acara digelar di Gedung Smart Province (GSP) Kalteng, Diskominfo, Kamis (12/12/2019).

Penggunaan teknologi khususnya Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) pada instansi pemerintah saat ini berkembang sangat pesat menuju good governance dan juga sedang bertransformasi menuju implementasi egovernment.

(Baca Juga : Pemprov Kalteng Himbau Masyarakat Tidak Bepergian Saat Libur Lebaran)

"Dengan adanya perkembangan teknologi, informasi saat ini sangatlah mudah di salah gunakan maka perlu penerapan keamanan informasi yang pada hakekatnya berisi informasi yang perlu diberi jaminan keamanan, sehingga informasi tersebut tidak mudah dimanipulasi, dirusak, atau disalahgunakan," kata Fahrizal.

Untuk mencegah kebocoran informasi yang sangat mungkin timbul pada saat pelaksanaan rapat terbatas/tertutup/rahasia. Dengan telah dikembangkannya teknologi untuk mendayagunakan telepon seluler dan atau peralatan komunikasi yang tanpa disadari dapat menjadi titik rawan bocornya informasi.

BSSN melakukan fungsi pengamanan dan perlindungan informasi milik pemerintah daerah dengan cara memberikan peralatan persandian, salah satunya alat pendukung utama (apu) yang dipakai dalam pengamanan pada rapat/ pertemuan tertutup/ terbatas/ rahasia di lingkup pemerintah daerah dengan cara pengamanan sinyal teknik sandi. Alat pendukung utama ini bersifat rahasia dan hanya boleh dikelola oleh pegawai negeri sipil yang telah mengikuti diklat sandiman di BSSN.


"Dari usulan diskominfo provinsi kalimantan tengah sebanyak enam unit kepada pemda kabupaten/kota di kalimantan tengah, dapat terwujud/terpenuhi kami mengharapkan kepada kepala dinas kominfo kabupaten yang bersangkutan yang belum memiliki sandiman agar mengikut sertakan aparatur sipil negara untuk mengikuti diklat sandi yang dilaksanakan di bssn untuk tahun depan agar dapat melaksanaan kegiatan persandian di daerahnya," imbuhnya.

"Saya memberikan apresiasi kepada kepala dinas komunikasi informatika persandian dan statistik provinsi kalimantan tengah atas terwujudnya pelaksanaan kegiatan serah terima alat pendukung utama di enam kabupaten. Kabupaten barito selatan dan kota palangka raya telah diserah terimakan pada 18 november 2019 di aula eka hapakat kantor gubernur kalimantan tengah, dan 4 (empat) kabupaten yaitu kabupaten kotawaringin timur, lamandau, barito utara, dan pulang pisau yang baru diserah dari pihak bssn dan pada hari ini," pungkasnya.

Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Prov. Kalteng Ir. Herson B. Aden, M.Si menyebut kegiatan ini adalah merupakan kegiatan BSSN dalam rangka meningkatkan dan mendukung kegiatan persandian dalam rangka pengamanan informasi di lingkungan pemerintah kabupaten yang ada di Kalteng.

Kadis Kominfo Herson melaporkan beberapa hal tentang rangkaian kegiatan, yaitu:


1. Kegiatan ini merupakan pembinaan berjenjang sesuai amanat undang-undang 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

2. Tahun 2017 – 2018 pemerintah daerah yang telah diberikan peralatan persandian adalah kabupaten kotawaringin barat, kabupaten sukamara, kabupaten kapuas dan kabupaten gunung mas.

3. Pada bulan november kita telah mendapatkan dan menyerahkan 2 (dua) unit peralatan persandian untuk kota palangka raya dan kabupaten barito selatan.

4. Hasil koordinasi dengan deputi bidang proteksi pemerintah, kita mendapatkan tambahan peralatan persandian untuk 4 (empat) kabupaten yaitu kabupaten kotawaringin timur, kabupaten pulang pisau, kabupaten lamandau dan kabupaten barito utara.

5. Jumlah kabupaten yang telah mendapatkan peralatan persandian berjumlah 10 (sepuluh) kabupaten dari 14 (empat belas) kabupaten/kota.

6. Bulan oktober 2019 ini juga kita telah mendapatkan honey pot (peralatan yang berguna untuk mengurangi dampak serangan siber) pada data center kita.

7. Bulan desember 2019 ini kita juga menerima peralatan persandian spectrum analyser untuk kontra penginderaan (yang berguna untuk mencari dan menemukan kebocoran informasi di ruangan pimpinan).

8. Semua peralatan tersebut bersifat pinjam pakai.

9. Penyerahan simbolis peralatan persandian kepada pemerintah kabupaten di kalimantan tengah laksanakan pada : hari : kamis tanggal : 12 desember 2019 pukul : 13.00 – selesai tempat : di aula dinas kominfo, persandian dan statistik provinsi kalimantan tengah, jalan tjilik riwut km. 3,5 palangka raya

10. Peralatan telah dikirimkan ke pemerintah kabupaten penerima.

"Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak sekretaris daerah provinsi kalimantan tengah yang telah memberikan petunjuk, bimbingan dan dukungan, sehingga seluruh rangkaian acara kegiatan penyerahan simbolis peralatan persandian kepada pemerintah kabupaten di kalimantan tengah ini dapat terlaksana," kata Herson. (ARP/Foto:Asep)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook