Aparatur Sektor Informasi dan Komunikasi Publik, Jangan Hanya Jadi Pemadam Kebakaran

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 06 Desember 2019 12:36, Dibaca 651 kali.


MMCKalteng - Jakarta - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo Santik ) Prov. Kalteng Ir. Herson B. Aden, M.Si hadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Urusan Informasi dan Komunikasi Publik.

Dihadiri Dirjen IKP Prof. Dr. Widodo Muktiyo mewakili MenKominfo RI sekaligus membuka secara resmi Rakornas yang digelar di Hotel Millenium Sirih, Jakarta, Jumat (6/12/2019). Rakornas juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo dan aparatur kehumasan se Indonesia.

(Baca Juga : Wakil Gubernur Habib Ismail Bin Yahya Pimpin Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Halaman Kantor Gubernur Kalteng)

Dalam sambutan tertulis MenKominfo yang dibacakan Dirjen IKP, menegaskan bahwa strategi saat ini adalah penguatan yg seimbang antara informatika dan Komunikasi, dengan media yg terbuka luas, kominfo harus kreatif dan inovatif dalam penyebaran informasi.


"Sehingga informasi dan publikasi itu mampu menembus desa dan dukuh serta dusun di seluruh pelosok tanah air, tak sejengkalpun di negeri ini masyarakat yang tidak mampu mendapatkan akses informasi," tandasnya.

Lebih lanjut, Menteri kembali menegaskan strategi kedepan juga dititik beratkan pada upaya preventif dalam informasi dan komunikasi.

"Jangan sampai kominfo berperan setelah segala sesuatu terjadi, sehingga kesannya jadi pemadam kebakaran. Kominfo harus mampu membangun jejaring dengan stakeholders untuk mencermati dan mengkaji langkah2 strategis dalam menghadapi isu kekinian," pungkasnya.


Kegiatan Rakornas akan dilaksanakan selama 1 hari dengan kegiatan pemaparan dari para narasumber terkait, dengan tema-tema yg diharapkan mampu menjawab tantangan sektor informasi dan komunikasi ke depan, diantaranya : Kebijakan strategis Kemenkominfo periode 2020-2024 dalam mendukung 5 fokus pembangunan nasional, meningkatkan efektivitas pengelolaan informasi dan komunikasi publik di era industri 4.0.

Kemudian pembahasan sinergi program kegiatan urusan sub urusan IKP Tahun 2020, aplikasi konten Bagimu Negeri-Bakti Nyata Anak Negeri, serta pelatihan teknis aplikasi konten Bagimu Negeri-Bakti Nyata Anak Negeri.

Sebagai bentuk komitmen dalam penyebarluasan informasi dan komunikasi publik, semua kepala Dinas Kominfo se Indonesia disematkan PIN Government Public relations. Dengan pin tersebut diharapkan mampu membangkitkan motivasi, inovasi dan kreasi dalam penyebaran dan pengembangan informasi dan komunikasi. (AGS/Foto:HBA)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook