Mahasiswa FISIP UMP Kuliah Lapangan ke Gedung Smart Province Kalteng

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 18 November 2019 14:21, Dibaca 23 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Puluhan Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) lakukan kuliah lapangan ke Gedung Smart Province (GSP) milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) yang dikelola oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfo) Prov. Kalteng, Senin (18/11/2019).

"Kami disini melakukan kegiatan observasi lapangan atau kuliah lapangan dimana kami menggali disini kami harapkan anak-anak tidak hanya kami berikan secara teori di kampus tapi kami juga menginginkan mereka juga untuk melihat secara langsung bagaimana dilapangan terkait dengan mata kuliah mereka yang memang berhubungan sekali dengan jurusan ilmu komunikasi itu sendiri," kata Dosen Ilmu Komunikasi UMP Srie Rosmilawati, MI.Kom.

(Baca Juga : Wagub Kalteng Hadiri Rakornas Percepatan Penurunan Stunting )

Sri menyebut para mahasiswa sangat antusias dengan kuliah lapangan ke GSP, mahasiswa diberikan informasi mengenai aplikasi dan fasilitas serta konsep dari Smart Province itu sendiri. Pihaknya juga berbicara peluang untuk melakukan kerjasama terkait magang untuk para mahasiswa.

"Banyak sekali hari ini anak-anak diberikan informasi berkaitan dengan MMC (Multimedia Center) khususnya, dan juga bagaimana konsep smart province, kami dan anak-anak sangat antusias dan senang sekali bisa dapat informasi dan juga kalau melihat kedepannya peluang-peluangnya sangat besar untuk anak komunikasi untuk bisa kerjasama tidak hanya dalam bentuk kuliah lapangan namun juga magang disini," bebernya.


Kepala Diskominfo Kalteng Ir. Herson B. Aden, M.Si menyebut Pemprov Kalteng telah menerapkan Smart Province yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menerima layanan di berbagai macam sektor yang berbeda.

"Kalteng sudah mulai menerapkan Smart Province melalui berbagai aplikasi layanan publik, khususnya yang berkaitan dengan pembangunan," kata Herson.

Smart Province yakni suatu provinsi yang telah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari, dengan tujuan untuk mempertinggi efisiensi, memperbaiki pelayanan publik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Herson menyebut, sejumlah aplikasi yang dapat diakses secara online oleh masyarakat, diantaranya terkait pendapatan daerah, serapan maupun belanja di setiap organisasi perangkat daerah dan beberapa kegiatan lainnya.


Bahkan yang menariknya, saat ini masyarakat dapat melihat informasi secara visual beberapa lokasi strategis di Kalteng melalui sarana dan prasarana yang tersedia di Gedung Smart Province Kalteng di Jalan Tjilik Riwut km 3,5 Palangka Raya.

"Informasi visual ini bisa dilihat karena kami telah memasang televisi sirkuit tertutup atau yang biasa kita sebut CCTV di sejumlah titik di kabupaten/kota," jelasnya.

Selain itu masyarakat, khususnya pelajar dan mahasiswa dapat mengakses data sektoral seputar Kalteng secara online dan mengunduhnya secara gratis. Tentu hal ini sangat membantu pelajar dan mahasiswa, terlebih saat mengerjakan tugas sekolah ataupun kuliah. (ARP/Foto:ARP)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook