Wakili Pemerintah RI, Gubernur Sugianto Serahkan Penghargaan Kepada Pemda Peraih Opini WTP dari BPK

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 16 Oktober 2019 11:47, Dibaca 9 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Penyerahan penghargaan Pemerintah Republik Indonesia (RI) Kepada Pemerintah Daerah (Pemda) peraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2018 dan peraih Opini WTP Selama 5 Tahun Berturut-Turut pada acara pembukaan Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) Triwulan III Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) yang diselenggarakan tanggal (16/10/2019) bertempat di Aula Gedung Bappeda Jalan. Diponegoro No. 60, Kota Palangka Raya.

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran mewakili Pemerintah RI dalam hal ini Kementerian Keuangan RI menyerahkan penghargaan kepada Pemda yang berhasil meraih Opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Pemda.

(Baca Juga : Puncak Harjad ke-66 Provinsi Kalteng, Wagub Edy Pratowo Serahkan Penghargaan kepada Para Perempuan Inspiratif)

"Dalam kesempatan ini tadi, saya sudah menerima sertifikat WTP dari kementerian keuangan untuk provinsi kalimantan tengah dan menyerahkan sertifikat WTP kepada 13 (tigabelas) kabupaten/kota. Sertifikat WTP ini adalah atas keberhasilan daerah mengelola APBD dengan baik dengan penilaian wajar," kata Sugianto Sabran.

Terdapat dua jenis penghargaan yang diberikan, pertama penghargaan kepada Pemda yang meraih opini WTP atas laporan keuangan Pemerintah Daerah tahun 2018 dan yang kedua penghargaan Pemda yang meraih opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah selama lima tahun berturut-turut.


Hampir seluruh Pemda lingkup Kalteng termasuk Pemprov Kalteng berhasil meraih opini WTP atas LKPD tahun 2018, kecuali Pemda Kabupaten Seruyan. Sedangkan Pemda yang berhasil mempertahankan opini WTP selama lima tahun berturut-turut yaitu: Pemprov Kalteng, Pemda Kabupaten Barito Utara, Pemda Kabupaten Kotawaringin Barat, Pemda Kabupaten Kotawaringin Timur, dan Pemda Kabupaten Sukamara.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Tengah Ratih Hapsari Kusumawardani selaku Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan mengatakan bahwa Opini Wajar Tanpa Pengecualian atas laporan keuangan Pemerintah Daerah adalah suatu wujud dari upaya maksimal seluruh pemangku kepentingan dalam terus memperbaiki pengelolaan keuangan negara dengan selalu memperhatikan ketentuan perundangan dan menjaga kehatihatian untuk mewujudkan laporan pertanggungjawaban yang akuntabel kepada masyarakat sehingga bisa meningkatkan kepercayaan terhadap institusi publik.

"Di samping itu, perolehan opini WTP tersebut tentu tidak semata-mata ditentukan oleh penyajian laporan keuangan yang memiliki informasi yang berkualitas atau kecukupan pengungkapan, namun juga harus ditopang oleh efektivitas sistem pengendalian internal yang memadai di masing-masing institusi," kata Ratih.

Atas kerja keras dan komitmen yang kuat dari kepala daerah untuk mengelola keuangannya secara akuntabel yang tergambarkan dalam capaian Opini WTP, maka Pemerintah Republik Indonesia melalui Menteri Keuangan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah.


"Menteri Keuangan juga berharap agar opini WTP atas LKPD tahun 2018 terus dipertahankan disamping tetap meningkatkan kualitas pertanggungjawaban pengelolaan keuangan negara. Setiap tahun besaran APBD semakin bertambah," ujarnya.

"Ini berarti kewajiban Pemda untuk mempertanggungjawabkannya semakin besar pula. Selain mengantisipasi hal-hal yang menjadi potensi masalah atas pelaksanaan anggaran di tahun 2019, untuk mempertahankan opini WTP kita harus memperhatikan apa yang menjadi catatan BPK tahun sebelumnya," lanjutnya.

Hal ini untuk memastikan terjadinya proses perbaikan secara terus menerus sehingga kita tidak lagi melakukan kesalahan yang sama. Kepada Pemda yang belum mendapatkan opini WTP diharapkan untuk melakukan langkah-langkah strategis dan terobosan yang kreatif untuk menyelesaikan temuan dan rekomendasi BPK, sehingga pada tahun 2019, seluruh Pemda lingkup Kalimantan Tengah dapat memperoleh opini WTP.

"Dengan semakin banyaknya Pemda yang memperoleh capaian opini terbaik menunjukkan bahwa seluruh unsur pimpinan memiliki komitmen untuk terus memperbaiki tata kelola dan kualitas pengelolaan keuangan negara yang menjadi tanggung jawabnya," pungkasnya.

Pemda penerima penghargaan Pemerintah RI yang meraih Opini WTP atas laporan keuangan Pemda TA 2018 (Dalam Bentuk Piagam)

1. Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah

2. Kabupaten Barito Utara

3. Kabupaten Kotawaringin Barat

4. Kabupaten Kotawaringin Timur

5. Kabupaten Sukamara

6. Kabupaten Barito Selatan

7. Kabupaten Barito Timur

8. Kabupaten Gunung Mas

9. Kabupaten Kapuas

10. Kabupaten Katingan

11. Kabupaten Lamandau

12. Kabupaten Murung Raya

13. Kabupaten Pulang Pisau

14. Kota Palangka Raya

Pemda penerima penghargaan Pemerintah RI yang meraih Opini WTP atas laporan keuangan Pemda 5 tahun berturut-turut (Dalam Bentuk Plakat)

1. Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah

2. Kabupaten Barito Utara

3. Kabupaten Kotawaringin Barat

4. Kabupaten Kotawaringin Timur

5. Kabupaten Sukamara

(Press Release Tim Media Kanwil DJPb Prov. Kalteng/Foto:Asep)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook