Pemerintah Kabupaten Barito Utara Sosialisasikan Program Keluarga Harapan

Kontribusi dari Diskominfo Barito Utara, 14 Oktober 2019 07:38, Dibaca 5 kali.


MMCKalteng - Muara Teweh - Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa menggelar Sosialisasi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam rangka penuntasan kemiskinan di Indonesia khususnya di Kabupaten Barito Utara yang dilaksanakan di Aula Bappeda Litbang Muara Teweh.

Sosialisasi tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati Sugianto Panala Putra didampingi Eveready Noor, Plt. Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kepala Dinas Sosial Propinsi Kalimantan Tengah yang diwakili oleh Koordinator wilayah Kalimantan Tengah serta dihadiri peserta dosialisasi yang terdiri dari 50 orang serta tamu undangan lainnya.

Ketua panitia Khairunisa menyampaikan bahwa Program Keluarga Harapan merupakan program pemerintah pusat yang merupakan program penangulangan kemiskinan.

(Baca Juga : Tingkatkan Kapasitas Pelaporan, DWP Kobar Gelar Pelatihan e-Reporting)

"Tujuan dari PKH tersebut agar dapat membantu masyarakat sangat miskin dalam jangka pendek, selain itu juga merupakan investasi sumber daya manusia agar generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan," ungkap Khairunisa yang juga selaku Kabid Penanganan Fakir Miskin, Perlindungan dan Jaminan Sosial.

Sementara itu, Bupati Barito Utara H.Nadalsyah dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati, Sugianto Panala Putra menyambut baik kegiatan sosialiasi Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Barito Utara.

"Saya mengharapkan kepada semua peserta yang hadir dapat mengikuti dan menyimak sebaik-baiknya sehingga kegiatan ini dijadikan sebagai tempat yang positif guna bertukar informasi sebagai sarana pengentasan kemiskinan di Kabupaten Barito Utara," jelas Sugianto Panala Putra

Lebih lanjut, PKH akan dapat memberikan perlindungan sosial bagi masyarakat miskin pada aspek pendapatan dan kosumsi kebutuhan dasar, mampu mendorong perubahan pola pikir dan prilaku keluarga penerima manfaat untuk lebih memperhatikan pendidikan, kesehatan, kemandirian ekonomi keluarga, dan membuka peluang bagi masyarakat untuk terlibat aktif dalam kerja sosial, serta efektif memerangi kemiskinan karena memiliki indeks bantuan dan jangkauan yang luas.

"Semoga dengan adanya Program Keluarga Harapan (PKH) ini angka kemiskinan di Kabupaten Barito Utara dapat menurun," tutup Sugianto Panala Putra mengakhiri sambutanya Bupati.
-
Dalam sosialisasi ini, Dinas Sosial dan PMD mendatangkan narasumber dari Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah yang diwakili oleh Koordinator PKH untuk wilayah Kalimantan Tengah, Hakim. A.Idup. (Nadi Forester / BARUT - Foto: Diskominfobarut)

Diskominfo Barito Utara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook