Peluncuran Ruang Sehat Tanpa Asap (RSTA) Gerakan Lawan Asap

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 13 September 2019 14:15, Dibaca 172 kali.


MMCKalteng, Palangka Raya – Wakil Walikota Palangka Raya Hj.Umi Mastikah bersama- sama dengan Komunitas Betang Bagawi dan Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya serta Pihak SDN 6 Palangka meluncurkan Ruang Sehat Tanpa Asap (RSTA) Gerakan Lawan Asap yang berlokasi di Sekolah Dasar Negeri 6 Palangka, Kota Palangka Raya, Kamis (12/9/2019).

Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, H.Sahdin Hasan, Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Antonia dan Perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya.

(Baca Juga : Antisipasi Karhutla, BPBD Gunung Mas Bakal Bangun Posko di Empat Kecamatan)

Ketua Komunitas Betang Bagawi, Trisia Karolina dalam laporannya mengatakan pada minggu pertama bulan Agustus 2019 Kosentrasi PM 2,5 sudah mencapai level sangat sangat berbahaya akibat oleh kebakaran lahan gambut, yang artinya kualitas udara sudah masuk pada kategori buruk di Palangka Raya.

Petugas pemadam kebakaran dan anak-anak adalah dua kelompok masyarakat yang paling terpapar  terhadap asap dan sejauh ini mereka tidak menggunakan masker yang tepat yaitu masker yang dapat menyaring Partikulat-partikulat halus, kondisi sekolah dengan jendela diruangan kelas banyak yang tidak tertutup hanya mengunakan teralis sehingga tidak aman dari asap.

Harapan kami dengan adanya Ruang Sehat Tolak Asap (RSTA) ini semoga dapat menjadi inspirasi bagi sekolah, rumah, kantor dan bangunan gedung pada umumnya, untuk dapat membuat hal yang sama sebagai tempat  perlindungan bagi setiap orang di Kota Palangka Raya pada khususnya atau tempat lain yang mengalami  bencana kabut asap beracun akibat kebakaran lahan gambut sehingga dapat mengurangi dampak buruk bagi kesehatan kita.

Bersama dengan kegiatan ini  juga diadakan pemeriksaan kesehatan gratis dengan pemberian obat-obatan, pemberian masker, vitamin dan susu UHT dan penyuluhan kesehatan untuk hidup sehat kepada murid-murid sekolah dan guru-guru SDN 6 Palangka.

Kepala Sekolah SDN 6 Palangka yang dalam hal ini diwakili staf guru mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada ketua Komunitas Betang Bagawi karena telah menjadikan SDN 6 Palangka sebagai Pilot Project atau (percontohan) Ruang Sehat Tanpa Asap (RSTA) Gerakan Lawan Asap, mudah mudahan ini akan menjadi hal yang bermanfaat yang sangat besar bagi anak-anak didik kita. (MC Isen Mulang/Adi)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook