8 Orangutan Pulang Ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 13 Agustus 2019 14:30, Dibaca 260 kali.


MMCKalteng, Palangka Raya – Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) bekerjasama dengan BKSDA Kalimantan Tengah, Balai TNBBBR, dan USAID LESTARI melepasliarkan 8 individu orangutan ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Kabupaten Katingan.

Pelepasliaran ini adalah yang ke 16 kalinya di TNBBBR sejak pertama kali di Agustus 2016 sekaligus yang ke 29 di Kalimantan Tengah sejak 2012, dan akan menambah populasi orangutan hasil rehabilitasi di taman nasional tersebut menjadi 128 individu.

(Baca Juga : Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Peringati Isra Mi`raj )

Jamartin Sihite, CEO Yayasan BOS mengatakan ke 8 orangutan ini terdiri dari tiga jantan dan lima betina. Mereka dibawa dalam dua kali pemberangkatan.

Berbeda dengan pelepasliaran sebelumnya, kali ini tim rilis akan menempuh perjalanan panjang menuju DAS Hiran yang membutuhkan waktu sekitar 15 jam.

Lokasi pelepasliaran sebelumnya terletak di DAS Bemban. Lokasi pelepasliaran baru di sepanjang Sungai Hiran ini dipilih untuk lebih memaksimalkan persebaran populasi orangutan hasil pelepasliaran.

“Hutan taman nasional di wilayah ini telah disurvei sebelumnya dan menunjukkan potensi dukungan yang cukup baik bagi kegiatan pelepasliaran orangutan,” katanya, Senin (12/8/2019).

Sebagian dari 8 orangutan yang dilepasliarkan ini berasal dari pulau pra-pelepasliaran Pulau Badak Besar yang terletak di Gugusan Pulau Salat, Kabupaten Pulang Pisau. (MC. Isen Mulang)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook