KPU Menggelar Rapat Pleno Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik Anggota DPRD

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 12 Agustus 2019 14:10, Dibaca 29 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar pleno penetapan perolehan kursi partai politik calon terpilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gumas, Pada pemilihan Umum Tahun 2019 bertempat di aula BP3D Kabupaten Gumas, Sabtu (10/8/2019).

Dalam rapat pleno yang dipimpin oleh ketua KPU Stevenson, didampingi anggota komisioner KPU Yepta Jinal, Sukjani, Elprinst G. Tumon, Anlekar Sigap, Sekretaris KPU Jimmi Winarta.

(Baca Juga : Penulis Sejarah Daerah di Pulang Pisau Masih Minim)


Ketua KPU Gumas Stevenson mengatakan, ini adalah periode terakhir penetapan sebenarnya bulan Juli ada beberapa hal yang kita harus ikuti prosedurnya menunggu putusan atau pengucapan keputusan MK, maka itu yang menjadi landasan bagi KPU untuk bisa melaksanakan penetapan hari ini.

Sesuai dengan surat KPU RI Nomor 1094, menyatakan bahwa KPU Kabupaten/Kota melaksanakan penetapan calon terpilih dan perolehan kursi, paling lambat lima hari setelah diunggahnya keputasan itu dalam website KPU.

Terkait pelantikan Anggota Dewan terpilih, hari ini kita menyerhkan dokumen keputusan berita acara pleno, ada dua putusan yang diserahkan perolehan kursi dan calon terpilih, akan disampaikan melalui Bupati Gumas, kepada Gubernur sebagai sarat untuk pelantikan dalam hal ini KPU tidak terlambat melakukan penetapan.

“Kami mengucapkan permohonan maaf kepada partai politik bukan berarti ini ada unsur sengaja atau menunda-nunda tetapi mekanismenya mengikuti alur itu dan kita bersyukur pengucapan kita di hari pertama,” ujarnya.

Wakil Bupati Gumas Ir. Efrensia L.P. Umbing menyatakan proses pleno KPU berjalan lancar tidak ada hambatan dalam menjalankan tugasnya.

Beliau menilai dari sekian banyak Anggota Dewan yang terpilih adalah mayoritas perempuan, artinya kesetaraan gender tidak ada perbedaan laki-laki dan perempuan dalam berkarya. Perempuan itu salah satu kekuatan pembangunan, modal pembangunan yang harus dimanfaatkan.  

Berdasarkan pleno penetapan perolehan kursi partai politik calon terpilih Anggota Dewan, nama-nama Anggota Dewan dapil 1 PDIP 1. Nomi Aprilia, 2. Lili Rusnikasih, Golkar 1. Iceu Yuniwa, Gerindra 1. Dewi Sari, 1. Demokrat, 1. Neni, PAN 1. Rayaniati, Berkarya 1. Arit Bajau.

Dapil 2 PDIP 1. Akerman, 2. Sri Yeni, 3. Febrianto, Golkar 1. Binartha, 2. Punding S. Merang, Demokrat 1. Cici Susilawati, Gerindra 1. Sahriah, Nasdem 1. Rianto, Perindo 1. Espriadi.

Dapil 3 PDIP Elvi Esi, 2. H Gumer, Golkar 1. Carles Frengki, 2. Siti Hilmiah, Demokrat 1. Untung Bangas, Hanura 1. Poli, Nasdem 1. Evandi, PAN 1. Rahmansyah.   

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook