Kabupaten Katingan dan Kabupaten Lamandau Memperoleh Sertifikasi KLA (Kabupaten Layak Anak)

Kontribusi dari Yudistira, 30 Juli 2019 09:16, Dibaca 852 kali.


MMCKalteng - Kalimantan TengahDalam upaya mendorong pemerintah daerah Kabupaten Kota  terkait pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) menyelenggarakan malam penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) di Hotel Four Points, Makassar pada 23 Juli 2019 Kabupaten Katingan dan Kabupaten Lamandau minggu lalu memperoleh sertifikasi KLA (Kabupaten Layak Anak) dari pemerintah pusat yang langsung di serahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan Yohana Susana Yembise  kepada Bupati Katingan Sakariyas , S.E. dan Bupati Lamandau H Hendra Lesmana . Prestasi ini merupakan momen pertama kalinya ada Kab/Kota di Kalimantan Tengah menyandang predikat KLA.

Untuk diketahui, penilaian KLA dibagi dalam lima tingkatan atau predikat, yaitu Pratama, Madya, Nindya, dan Utama. Sebelum pemberian penghargaan, Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Lenny N Rosalin menyampaikan laporannya terkait penghargaan KLA.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran Raih Penghargaan Gubernur Inovatif dalam Ajang Kepala Daerah Inovatif 2019)

Penghargaan KLA di tahun ke-7 ini, kata dia merupakan bentuk apresiasi bagi daerah, atas komitmen dan upayanya untuk pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak. Dalam laporannya tercatat ada 247 Kabupaten/Kota yangmeraih penghargaan tahun ini. Penghargaan ini pun meningkat 40 persen dibandingkan dengan lalu.

Selain itu, penerima penghargaan ini juga telah melalui proses penilaian yang komprehensif oleh tim independen dengan memperhatikan 24 indikator penilaian. Adapun proses penilaian melalui empat tahap yaitu, Penilaian Mandiri, Verifikasi Administrasi, Verifikasi Lapangan, dan Verifikasi Final.

Dalam sambutannya, Menteri Yohana menegaskan komitmen pemerintah dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak, sesuai amanat UUD 1945 Pasal 28B ayat 2 bahwa, setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Kadis P3APPKB , dr Rian Tangkudng saat dihubungi oleh Tim MMC mengatakan "Perlu upaya yang keras dan berkesinambungan untuk memenuhi 24 indikator sertifikasi KLA. Keterlibatan Pemprov, Lembaga Masyarakat dan SKPD-SKPD terkait sangat mempengaruhi keberhasilan suatu Kab/Kota menyandang predikat KLA". ujarnya

Selamat buat Katingan dan Lamandau, semoga menjadi "pembuka jalan" bagi 12 Kab / Kota lainnya. Setelah 14 Kab / Kota mencapai KLA barulah Kalteng bisa mengajukan sertifikasi PROVILA (Provinsi Layak Anak)

Jalan masih panjang, tapi dibawah kepemimpinan GUBERNUR H. Sugianto Sabran berbagai terobosan kemajuan pembangunan Kalteng semakin nyata.

Sumber/Foto  Rian T 

Yudistira

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook