Kelompok Tani Melakukan Peremajaan Kelapa Sawit

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 16 Juli 2019 13:04, Dibaca 19 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Untuk mencapai pengembangan usaha perkebunan kelapa sawit yang lebih efesien dan berkelanjutan, salah satu upaya yang dilakukan melalui rogram  peremajaan terhadap tanaman yang kurang produktif, tua atau rusak. Untuk mencapai hal tersebut maka dilaksanakan Sosialisasi Peremajaan Kelapa Sawit Pekebun, di Hotel Dandang Tingang Jalan Yos Sudarso, Palangka Raya Senin (15/7/2019).

Walikota Palangka Raya dalam sambutannya yang disampaikan oleh Plt. Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra, Ikhwanudin menyampaikan, “Dewasa ini perkebunan kelapa sawit di dalam negeri secara bertahap melakukan perubahan, ditandai dengan program peremajaan kebun kelapa sawit di berbagai lokasi, dan pada program peremajaan (replanting) perkebunan kelapa sawit rakyat. Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) turut membantu pembiayaan dengan menyalurkan dana”.

(Baca Juga : Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Kalimantan Tengah Kunjungi Kejaksaan Negeri Nanga Bulik)

Untuk mendukung pelaksanaan peremajaan kebun kelapa sawit pekebun, pemerintah telah menghimpun dana pungutan ekspor CPO yang dikelola oleh BPDPKS serta didukung oleh kredit dari perbankan, ungkap Ikhwanudin.

Selain membuka kegiatan sosialisasi, Ikhwanudin yang juga sebagai narasumber, menjelasannya dalam paparannya bahwa Visi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023, yaitu terwujudnya Kota Palangka Raya menjadi kota yang maju, rukun, dan sejahtera untuk semua. Dan Misi, mewujudkan Kemajuan kota Palangka Raya Smart Environment (Lingkungan cerdas), mewujudkan kerukunan seluruh elemen Masyarakat Smart Society (Masyarakat cerdas) dan Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat kota dan Masyarakat Daerah Pinggiran Smart Economy (Ekonomi Cerdas), tutupnya. (MC. Isen Mulang)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook