Lomba Balogo Meriahkan FBIM Tahun 2019

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 18 Juni 2019 12:16, Dibaca 792 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Lomba Balogo dalam rangka Festival Budaya Isen Mulang dilaksanakan di museum Balanga, Palangka Raya (18/6/2019).

Peserta beregu berasal dari tiap kabupaten/kota di kalimantan Tengah. Total 12 regu putri dan 14 regu putra, dengan tiap regu 3 orang peserta. Tiap regu diberikan waktu 15 menit untuk tiap permainan.

(Baca Juga : Menteri PPPA Kukuhkan Ketua TP-PKK Ivo Sugianto Sabran Sebagai Bunda Forum Anak Daerah Prov. Kalteng)


"Permainan tradisional balogo sering diadakan oleh masyarakat, terlebih anak-anak kecil yang ada di Kalimantan Tengah," ucap Hermanto selaku panitia.

Jenis permainan tradisional ini melombakan ketangkasan membidik keping tempurung kelapa menggunakan lontaran keping tempurung juga yang biasanya dibentuk segitiga.


"Biasanya 1 tim terdiri dari 3 orang. Tiga keping tempurung ditancapkan di tanah, masing-masing berjarak sekitar 15 m, 20 m, dan 25 m dari garis awal," ucapnya.

"Tiga pemain jongkok di garis awal. Sebilah bambu biasa disebut panapak atau campa berukuran 50-an cm ditegakkan di dekat peluru lontar yang juga terbuat dari keping tempurung. Pemain harus menjentikkan ujung bawah bambu sehingga melontarkan peluru tempurung mengenai sasaran," tutur Hermanto. (ARP/Foto:YDS)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook