Dishub Gelar Sosialisasi Keselamatan Jalan Tahun 2019

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 03 Mei 2019 10:57, Dibaca 675 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - (3/4) Dalam Rangka HUT Kalteng Tahun 2019 serta meramaikan kegiatan Kalteng Quality Expo tahun 2019, Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah (Dishub Prov. Kalteng) gelar acara sosialisasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan, di Stand Diskominfo Kalteng, arena pameran Temanggung Tilung dengan peserta yaitu pelajar Sekolah Menengah Atas, Selasa (2/4).

Acara dibuka oleh Kepala Dishub Kalteng, Ati Mulyati, SE dan dihadiri antara lain perwakilan dari Dishub Kota Palangka Raya, Polres Palangka Raya, BPTD Wilayah XVI Palangka Raya dan PT. Jasa Raharaja Cabang Palangka Raya. 

(Baca Juga : Kadis Kominfo : Satukan Pemahaman Konsep dan Implementasi Smart City Pada Kab/Kota se-Kalteng)

“Kegiatan sosialisasi ini selaras dengan program Dekade Aksi Keselamatan Jalan dari tahun 2011-2020, yang dicanangkan melalui Rencana Umum Nasional Keselamatan Jalan (RUNK) 2011 – 2035 oleh Wakil Presiden RI pada bulan Mei 2011. Berdasarkan data kecelakaan lalu lintas yang kami peroleh dari Polda Kalimantan Tengah bahwa pelaku kecelakaan lalu lintas di Provinsi Kalimantan Tengah bahwa sebanyak 51% berkisar pada usia 15-30 tahun yang merupakan kelompok usia produktif dimana didalamnya terdapat pelajar dari Sekolah Menengah Atas, untuk itu mengundang pelajar pada kegiatan ini. Diharapkan pelajar yang hadir pada kegiatan ini dapat menjadi pelopor keselamatan lalu lintas untuk diri sendiri dan teman di lingkungan sekolah serta masyarakat umum.” demikian disampaikan Ati Mulyati, SE dalam sambutan pembukaan.


Tahun ini Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah akan melaksanakan kegiatan sosialisasi keselamatan lalu lintas jalan di 4 (empat) Kota dan Kabupaten, yaitu di Kota Palangka Raya, di Kabupaten Kotawaringin Barat, di Kabupaten Barito Selatan dan di Kabupaten Barito Utara.

Selanjutnya disampaikan paparan berturut-turut dari Dinas Perhubungan Provini Kalimantan Tengah oleh Andreas Palem S., ST, MT dengan materi Keselamatan Jalan serta pengenalan tentang rambu dan marka jalan. Dari Satlantas Polres Palangka Raya disampaikan oleh Iptu Kusriyadi dengan materi Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan, Keselamatan Untuk Kemanusiaan. Dari Jasa Raharja oleh Mangandar disampaikan materi tentang jaminan Asuransi Kecelakaan yang ditanggung oleh Jasa Raharja.

Dalam diskusi mengemuka beberapa penyebab kecelakaan paling besar adalah Human Error antara lain karena melawan arus, ngebut, mendahului pada saat yang tidak tepat, menerobos lampu lalu lintas, tidak menggunakan helm SNI, tidak menyalakan lampu kendaraan, melanggar rambu dan marka jalan, tidak membawa SIM/STNK, menggunakan telepon genggam (HP) saat mengemudi, mengkonsumsi obat obatan dan miras, tidak menggunakan spion, dan berkendara lewat trotoar.


Peserta juga diminta untuk meningkatkan sopan santun dalam berlalu lintas serta empati bagi sesama pengguna jalan. Acara juga diramaikan dengan kuis seputar keselamtan lalu lintas dengan hadiah hiburan dan hadiah utama berupa helm bantuan dari PT. Jasa Raharja. (Andreas Palem Santosa)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook