Kenali Suku Dayak Lewat Museum Balanga

Kontribusi dari Elga Arya Putra, 28 Januari 2018 21:00, Dibaca 1,540 kali.


MMCKalteng -Bila ingin lebih mengenal adat istiadat, budaya dan sejarah suatu daerah, berkunjung ke museum adalah salah satu pilihan bijak.

Museum Balanga yang ada di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, mengkoleksi banyak benda bersejarah dan cerita tentang budaya dayak kalimantan tengah.

(Baca Juga : Raker Bidang Kesehatan Tahun 2019 Resmi Dibuka)

Dibangun sejak 1973, baru pada Tahun 1990 diresmikan menjadi museum Provinsi, hal ini dikarenakan kebijakan Pemerintah Pusat mengharuskan setiap Provinsi memiliki museum yang menampilkan kebudayaan setempat. Lokasinya di Jalan Tjilik Riwut KM, 2,  tak jauh dari pusat kota.

Didalam museum bisa ditemukan berbagai jenis koleksi hasil kebudayaan material (benda budaya) yang dikelompokkan menjadi koleksi ethnografi, historika, arkeologi, keramologika, numismatika & heraldika.

Ruangan Pameran sendiri banyak menampilkan senjata-senjata tradisional, seperti mandau, dohong, kemudian miniatur Rumah Betang/ Rumah Panjang, Alat menangkap ikan yaitu Mihing, dan masih banyak lagi koleksi yang tersimpan dan tertata rapi di dalamnya.

Museum Balanga juga menerima sekitar seribu buah senjata sitaan yang digunakan saat konflik etnis di Sampit tahun 2001 sebagai koleksi historika namun di ruangan terpisah dan tidak sembarang orang bisa masuk.

Museum Balanga melayani kunjungan perorangan maupun rombongan pada saat jam kerja, yakni Senin-Kamis pada pukul 07.00-14.00 WIB dan Jumat-Sabtu pada pukul 07.00-12.30 WIB, Untuk menuju museum kita bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. (EAP/ Foto: Net)

 

 

 

Elga Arya Putra

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook