KPU Pulang Pisau Gelar Bimtek Pemutakhiran Daftar Pemilih

Kontribusi dari Kominfo Pulang Pisau, 17 Januari 2018 08:17, Dibaca 381 kali.


MMCKalteng - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemutakhiran Daftar Pemilih di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Pulang Pisau, Selasa (16/1).

Bimtek diikuti kurang lebih 78 Panitia Pemilihan Suara (PPS) dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) se Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau sebagai bentuk kesiapan KPU dalam melaksanakan pencocokan dan penelitian (coklit) yang akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada 20 Januari 2018, serta salah satu bentuk kesiapan dalam menghadapi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pulang Pisau pada 27 Juni 2018 mendatang.

(Baca Juga : Pemkab Pulang Pisau Gelar Pasar Murah)

Ketua KPU Kabupaten Pulang Pisau, Untung Surapati melalui Komisioner KPU Divisi Perencanaan dan Data Andry Wahyudi mengatakan PPDP memiliki perananan besar atau bisa disebut ujung tombak karena bertugas untuk melakukan pengumpulan data-data calon pemilih.

Bimtek ini digelar untuk memberikan pemahaman kepada PPS dan PPDP tentang mekanisme pelaksanaan pemutakhiran pengumpulan data, sehingga nantinya dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, katanya. “Bimtek ini serentak dilaksanakan oleh delapan Kecamatan se-Kabupaten Pulang Pisau, dan dilaksanakan di masing-masing Kecamatan," tambahnya.

Andry menghimbau kepada PPS dan PPDP dalam bertugas jangan bekerja secara individu namun harus bekerja secara kelompok karena setiap keputusan harus ditentukan secara bersama-sama, minimal dilakukan oleh dua orang jangan sampai hanya diputuskan oleh satu orang saja.

"Proses pencoklit dilakukan selama 30 hari, ditambah lagi dengan 30 hari masa perbaikan untuk menetapkan daftar pemilih sementara dan daftar pemilih tetap, dan pada 20 januari mendatang tidak ada satupun PPDP yang turun kelapangan untuk melakukan pencoklitan," tutupnya. (MC. Pulang Pisau/Ayu/Rj)

Kominfo Pulang Pisau

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook