LKPJ Tahun 2018 diserahkan

Kontribusi dari DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS, 20 Maret 2019 10:32, Dibaca 857 kali.


MMCKalteng – Kapuas - Wakil Bupati Kapuas menyerahkan Naskah Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2018 kepada Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Algrin Gasan pada Rapat Paripurna yang digelar, Selasa (20/3/2019) di Ruang Rapat DPRD Kapuas.

Dalam pidato tertulis Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat yang dibacakan oleh Wakil Bupati Kapuas H M Nafiah Ibnor menyampaikan, berdasarkan data yang telah secara resmi di publikasi oleh Badan Pusat Statistik dengan kondisi data terakhir yang dapat disajikan yaitu data tahun 2017 dan di publikasikan pada tahun 2018 terdapat beberapa capaian indikator makro pembangunan daerah yang kecenderungannya menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun.

(Baca Juga : 240 Peserta Ikuti Sosialisasi Gerakan Masyarakat)

Pada tahun 2017 pertumbuhan ekonomi mencapai 7,62 persen atau meningkat sebesar 0,33 persen dibandingkan dengan angka pertumbuhan ekonomi pada tahun 2016 sebesar 7,29 persen. Selanjutnya, angka kemiskinan pada tahun 2017 sebesar 5,32 persen atau mengalami penurunan sebesar 0,38 persen di bandingkan angka kemiskinan tahun 2016 sebesar 5,70 persen.

Kemudian, lanjut dia, demikian pula dengan Indeks Pembangunan Manusia pada tahun 2017 sebesar 68,04 atau naik sebesar 1,06 dibandingkan dengan tahun 2016 sebesar 66,98. “Dapat saya informasikan bahwa IPM Kabupaten Kapuas tersebut memang masih pada kategori sedang akan tetapi mengalami pertumbuhan yang cukup bagus bahkan tercepat di Provinsi Kalimantan Tengah pada tahun 2017,” terangnya.

Selain itu, ia mengungkapkan, laju Inflasi di Kabupaten Kapuas memang mengalami fluktuasi dari tahun ke tahun walaupun masih terkendali pada posisi angka satu digit dimana laju inflasi pada tahun 2017 sebesar 3,11 persen atau mengalami kenaikan sebesar 1,2 persen dibandingkan dengan tahun 2016 sebesar 1,91 persen.

Berkaitan dengan peningkatan pendapatan, Ben Brahim dalam pidato tertulisnya menuturkan masih kurangnya fasilitas pendukung, masih minimnya sumber daya manusia baik kuantitas dan kualitas manusia di bidang perpajakan.

“Adapun permasalahan yang terkait belum adanya penetapan atau belum terbentuknya produk-produk unggulan daerah yang mempunyai potensi untuk peningkatan pendapatan daerah dan memberikan pelipat gandaan ekonomi daerah dan peningkatan pendapatan masyarakat,” katanya.

Diakhir pidatonya, ia mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan dukungan segenap unsur pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Kapuas, rekan-rekan unsur forkopimda Kabupaten Kapuas, instansi vertikal, BUMN/BUMD, TNI/Polri, seluruh aparatur pemerintah Kabupaten Kapuas, orsospol, ormas dan LSM, pers, generasi muda, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Kapuas sehingga penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Kabupaten Kapuas pada tahun 2018 dapat terlaksana dengan baik. (Hmskmf)

DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook