\"Desa Menuju Kalteng Berkah\", Pemprov Gelar Rapat Kerja Pemerintahan Desa se-Kalteng Tahun 2019

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 13 Maret 2019 14:01, Dibaca 339 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) gelar rapat kerja pemerintahan desa se-Kalteng Tahun 2019 dengan tema "Desa menuju Kalteng Berkah", bertempat di Kalawa Conventional Hall, Rabu (13/3).

Turut hadir PLH Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng, Drs. H. Sapto Nugroho Handono Wareh., MM yang mewakili Gubernur Kalteng, Ketua DAD Kalteng H. Agustiar Sabran, S.Ikom, unsur Forkopimda Kalteng, Bupati/Walikota se-Kalteng, Kepala BIN Kalteng, Kepala Desa se-Kalteng, OPD terkait serta para tamu undangan.

(Baca Juga : Bappedalitbang Gelar Pra Rakordal Program-Program Pembangunan Kalteng Triwulan I Tahun 2019)

Raker penyelenggaraan Pemerintah Desa se-Kalteng Tahun 2019 diikuti oleh 1.433 peserta dari seluruh Kabupaten se-Kalteng.

Gubernur melalui PLH Sekda menyampaikan, dalam manajemen pemerintahan, terdapat fungsi pembinaan dan pengawasan. Fungsi ini merupakan proses pengamatan, penentuan standar yang akan diwujudkan, menilai kinerja pelaksanaan dan jika diperlukan mengambil tindakan korektif, sehingga pelaksanaan dapat berjalan dengan maksimal untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Dalam mendukung fungsi pembinaan dan pengawasan tersebut, diperlukan akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan pemerintahan desa mengingat alokasi anggaran yang dikelola pemerintah desa meningkat setiap tahunnya.

Sebagai tindaklanjut dikeluarkannya peraturan Menteri Dalam Negeri, Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa bersama-sama dengan BPKP telah melakukan pengembangan terhadap Sistem Informasi Keuangan Desa (SISKEUDES) untuk menyesuaikan semua perubahan pengelolaan keuangan desa, lanjutnya.

Aplikasi ini beberapa waktu lalu telah dilaunching dan dibagikan ke semua desa melalui DPMD Kabupaten. Oleh Karenanya saya harapkan agar semua desa dapat menggunakannya secara maksimal. Apabila ada hal-hal yang belum dimengerti agar dapat dikonsultasikan kepada Satgas yang telah dibentuk, ucap H. Sapto Nugroho. (ARP/Foto:ASEP)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook