Validasi Soal USBNBK SMA/MA dan SMK Seluruh Kalteng

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 25 Februari 2019 08:00, Dibaca 484 kali.


MMCKalteng – Para guru SMA sederajat dari 13 kabupaten dan satu kota di Provinsi Kalimantan Tengah mengikuti validasi soal ujian sekolah berstandar nasional berbasis komputer (USBNBK) tahun ajaran 2018-2019.

Kegiatan memvalidasi soal USBNBK yang dimulai 18-20 Februari 2019 di Hotel Neo, Jalan Tjilik Riwut, Kota Palangka Raya ini diikuti oleh 122 guru.

(Baca Juga : Pelatihan Kader/aktivis PATBM Tingkat Kota Palangka Raya)

Kegiatan validasi yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah ini sebagai bentuk persiapan USBNBK yang rencananya akan dilaksanakan 15-22 Maret 2019 untuk SMA/MA dan 9-20 April 2019 untuk SMK.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kaliantan Tengah Bapak, Slamet Winaryo mengatakan USBN tahun ajaran 2018-2019 berbeda dari tahun sebelumnya.

“USBN tahun ini berbasis komputer, tidak lagi berbasis kertas. Hal ini salah satu upaya menghilangkan stigma bahwa teknologi bisa mepengaruhi nilai mutu prestasi anak dalam belajar. Kebanyakan anggapan biasanya bahwa jika anak membawa android atau handphone ke sekolah dilarang takut ada hal-hal yang negatif,” ucapnya.

Sementara itu Zulkipli dari P4TK Matematika Yogyakarta sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena satu-satunya provinsi di Indonesia yang sudah bisa melaksanakan USBN berbasis komputer untuk semua SMA/SMK.

“Setahu saya provinsi lain belum ada. Ini suatu terobosan yang baik dan mungkin bisa ditiru oleh provinsi lain dan bisa melaksanakan terobosan baru seperti ini,” tandasnya. (MC. Isen Mulang)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook