Harapan Tahun Baru 2019

Kontribusi dari Gusti Mahfuz, 02 Januari 2019 14:51, Dibaca 330 kali.


Pergantian tahun 2018 ke 2019 ini Bupati Kapuas mengeluarkan himbauan kepada seluruh Pemimpin Umat Beragama di Kabupaten Kapuas untuk melakukan doa bersama. Teriring doa yang dipanjatkan bersama agar daerah dan negara yang kita cintai selalu aman dan damai. Harapan dan keinginan terungkap agar tahun ini lebih baik dari tahun kemarin dan tahun depan lebih baik lagi dari tahun ini. Sungguh beruntung tahun ini lebih baik dari tahun kemarin. Usaha dan doa untuk merealisasikan impian dan cita-cita yang diinginkan selama ini. Jika usaha dilakukan secara maksimal, kesuksesan yang optimal akan didapat. 

Usaha dimulai dari diri sendiri yang akan berdampak pada daerah sudah dilaksanakan oleh berbagai pihak. Misalnya penganugerahan penghargaan kepada 10 inspirasi Permata Inn dengan berbagai kategori bidang, termasuk salah satunya pendidikan. Pendidikan menjadi modal berharga demi menyongsong masa depan yang cerah. Adanya terobosan melalui pendidikan yang berhasil mengintegrasikan desain mutakhir dengan teknologi digital. Kehadiran teknologi telah memberikan dampak besar terhadap kehidupan dalam berbagai aspek dan dimensi. 

(Baca Juga : Eksplorasi Gerak Tari)

Pendidikan yang baik akan sanggup mengubah Indonesia menjadi lebih baik. Pendidikan pada zaman sekarang, ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang dan canggih. Teknologi komunikasi sebagai peralatan perangkat keras dalam struktur organisasi yang mengandung nilai sosial yang memungkinkan individu untuk mengumpulkan, memproses dan saling tukar informasi (Rogers,1986). Jika tidak mempelajari IPTEK, akan sulit mendapat pekerjaan yang sesuai kita inginkan karena hampir semua pekerjaan menggunakan teknologi. 

Pengolahan informasi dan pendistribusian melalui jaringan telekomunikasi membuka banyak peluang untuk dimanfaatkan. Pembelajaran berbasis teknologi internet memberikan peluang berinteraksi, baik secara sinkron maupun asinkron. Pembelajaran berbasis internet dapat membuat pembelajaran secara sinkron dengan keunggulan utama bahwa pembelajar maupun fasilitator tidak harus berada di satu tempat yang sama. Pemanfaatan teknologi video conference yang dijalankan dengan menggunakan teknologi internet memungkinkan pembelajar berada di mana saja sepanjang terhubung ke jaringan komputer. 

Ide untuk menggunakan mesin belajar, membuat simulasi proses-proses yang rumit, animasi proses-proses yang sulit dideskripsikan sangat menarik minat praktisi pembelajaran. Pelayanan pembelajaran yang tidak terkendala waktu dan tempat juga dapat difasilitasi oleh teknologi informasi. Selaras dengan hal tersebut muncul makna elektronik pada e-book, e-learning, e-laboratory, e-education, e-library. Pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran sebagai upaya yang dilakukan untuk penyebaran informasi ke satuan-satuan pendidikan yang tersebar di seluruh daerah. Introduksi komputer dengan kemampuan dalam mengolah dan menyajikan tayangan multimedia (teks, grafis, gambar, suara, dan gambar bergerak) memberikan peluang untuk kemajuan. Hal ini menjadi wujud dari kesadaran untuk mengoptimalkan pendayagunaan teknologi dalam membantu proses pembelajaran.

Teknologi komunikasi sebagai sarana pendukung penyebaran informasi melalui dunia maya.  Pada saat ini teknologi informasi berkembang pesat dengan cara berkomunikasi antara individu dan individu yang lain dapat dilakukan dengan mudah. Dunia pendidikan dapat mengarahkan jalan dan pola pikir yang ilmiah, yaitu terstruktur dan berdasarkan fakta-fakta yang ada serta mampu untuk menata masa depan dengan bijaksana. Manfaat pendidikan mampu menciptakan generasi penerus bangsa yang expert atau ahli dalam berbagai bidang. Hal ini berhubungan dengan tersedianya berbagai macam jenjang pendidikan dan juga penjurusan yang ada, sehingga dapat membantu melahirkan generasi muda yang berguna bagi banyak orang sesuai dengan disiplin ilmu yang dipelajari. Pembenahan pendidikan mulai dari sarana belajar, tenaga pengajar yang ahli, dan beasiswa untuk siswa/mahasiswa yang tidak mampu. Harapan tahun ini agar pembelajar dapat mendapatkan pendidikan yang layak yang mampu menunjang kehidupan di kedepannya nanti. (syatkmf)

Gusti Mahfuz

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook