Diskominfo Kalteng Bangun Gedung Smart City dan Smart Province

Kontribusi dari Rikah Mustika, 18 Desember 2018 18:45, Dibaca 573 kali.


MMCKalteng-Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah sedang membangun Gedung Smart City dan Smart Province sejak awal tahun 2018. Smart City atau kota pintar adalah sebutan untuk kota yang mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi hingga level tertentu dalam proses tata kelola dan operasional sehari-hari, agar dapat meningkatkan efisiensi, berbagi informasi publik, memperbaiki pelayanan masyarakat dan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Apabila semua kota di Kalimantan Tengah menerapkan smart city, maka otomatis Kalimantan Tengah menjadi smart province.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah Ir. Herson B Aden, M.Si menjelaskan bahwa saat ini pembangunan gedung Smart Province yang berada di Jalan Tjilik Riwut Km 3,5 Palangka Raya sudah mencapai sekitar 15%. Sejauh ini gedung tersebut sudah memiliki dua lantai. Di lantai dua ini nantinya akan menjadi ruang command center, data center, dan juga CCTV, sehingga akan banyak layar monitor yang menampilkan keadaan kabupaten/kota yang ada di Kalimantan Tengah.

(Baca Juga : Wujudkan SDM Kalteng Berkualitas, Pemprov. Kalteng Luncurkan Program Bantuan Sosial Fungsi Pendidikan Terdampak Covid-19)

Mengingat pentingnya pembangunan Gedung Smart City/Smart Province ini sebagai bagian dari inovasi Program Strategis Prioritas Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran untuk membangun infrastruktur teknologi informasi yang mengoneksikan berbagai kepentingan dalam pelayanan data dan informasi di Kalimantan Tengah, maka Kadis Kominfo berharap pembangunan gedung tersebut bisa segera diselesaikan. Beliau juga berharap kepada TAPD Provinsi Kalimantan Tengah agar dapat melihat strategis dan prioritas inovasi dan kebijakan Gubernur tersebut, sehingga dapat memberikan ruang anggaran dalam penyelesaian gedung dan infrastruktur smart city/province untuk meningkatkan pelayanan informasi dan kebijakan di Provinsi Kalimantan Tengah. (Rikah / Foto : Asep)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook