Awali Tahun 2022, Gubernur Kalteng Pimpin Apel Besar ASN Pemprov

Kontribusi dari Bayuningtyas Wulandari, 03 Januari 2022 11:41, Dibaca 215 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov. Kalteng) menggelar Apel Besar Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2022. Apel berlangsung terpusat di Halaman Kantor Gubernur Kalteng, Senin (3/1/2022).


Apel dipimpin langsung oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran. Mengawali sambutan, Gubernur H. Sugianto Sabran mengatakan Pemerintah telah memperpanjang status Pandemi Covid-19 yang ditetapkan melalui Keppres Nomor 24 Tahun 2021 tentang Penetapan Status Faktual Pandemi Corona Virus Disease 2019 di Indonesia. Pandemi Covid-19 yang merupakan Global Pandemic secara faktual masih terjadi dan belum berakhir di Indonesia.

(Baca Juga : Penutupan Gelar Karya Kalteng Berlangsung Meriah)


“Untuk itu saya minta kepada seluruh jajaran Perangkat Daerah untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat dan menuntaskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kalteng”, tutur H. Sugianto Sabran.

Lebih lanjut Gubernur mengutarakan ucapan syukur bahwa dimasa pandemi Covid-19, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Prov. Kalteng mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun, jauh melampaui target RPJMD pertumbuhan rata-rata 5 persen dengan capaian realisasi PAD per 27 Desember 2021 sebesar Rp. 1,707 triliun, atau 14,9 persen.

“Belajar dari pengalaman pembangunan periode 2016-2021 lalu, kita masih dihadapkan dengan permasalahan-permasalahan klasik dan rendahnya inovasi daerah. Untuk itu pada tahun baru 2022 ini sebagai awal menjadikan semangat baru Prov. Kalteng untuk bangkit yang didukung dengan potensi besar yaitu sumber daya alam dan sumber daya manusia yang berbenah, mampu berinovasi untuk maju, kuat dan bermartabat menuju Kalteng Makin Berkah sebagaimana telah tercantum pada RPJMD 2021-2026”, imbuhnya.

Dengan memperhatikan struktur APBD Prov. Kalteng Tahun anggaran 2022, Gubernur menghimbau kepada seluruh jajaran Perangkat Daerah Prov. Kalteng hendaknya mengambil langkah-langkah strategis untuk percepatan pelaksanaan APBD TA 2022 tersebut sesuai tugas, fungsi dan kewenangannya.

“Tingkatkan kinerja, kreatifitas, dan inovasi dilingkungan kerja masing-masing, untuk mencapai Visi dan Misi RPJMD Prov. Kalteng Tahun 2021-2026. Hindari ego sektoral dan bangun komunikasi, koordinasi, dan sinergitas yang efektif dan efisien, agar mampu memberikan pelayanan dan kesejahteraan yang maksimal kepada masyarakat Kalteng, saya yakin kita mampu dan bisa mengatasi atau keluar dari kemiskinan, keterbelakangan, dan ketertinggalan”, tambahnya.

Dalam Apel Besar ini Gubernur mengajak kepada para Kepala OPD Prov. Kalteng dan jajarannya untuk lebih kreatif didalam menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing.

“Jangan hanya menunggu perintah dari Gubenur, Wagub, dan Pj. Sekda tetapi hendaknya lebih kreatif dan lebih fokus untuk peningkatan di berbagai sektor untuk membangun Kalteng”, pungkasnya.

Rangkaian kegiatan tersebut di dahului dengan Apel Besar ASN kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA) Tahun Anggaran 2022 ke semua Kepala Dinas, Badan, Kantor, dan Biro dilingkup Pemprov. Kalteng.

Turut hadir Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo, Pj. Sekretaris Daerah Kalteng H. Nuryakin, Staf Ahli Gubernur, Asisten serta Perangkat Daerah dan ASN Pemprov Kalteng. (Ay&suli, Foto : Fery)

Bayuningtyas Wulandari

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook