Pemprov. Kalteng Gelar Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Wilayah Kota Palangka Raya

Kontribusi dari Widia Natalia, 31 Desember 2021 10:59, Dibaca 218 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov. Kalteng) menggelar vaksinasi anak usia 6-11 Tahun di Wilayah Kota Palangka Raya. Kegiatan ini berlangsung terpusat di Halaman Kantor Gubernur Kalteng, Jumat (31/12/2021).

vaksinasi anak usia 6-11 Tahun dihadiri langsung oleh  Ketua  Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran. Dalam arahannya, Ivo Sugianto Sabran menyampaikan vaksinasi anak usia 6-11 Tahun sudah dilaksanakan di beberapa Kabupaten di Kalteng, dimana Kick Off telah dilakukan di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, disusul oleh Kabupaten Lamandau, Kabupaten Sukamara dan Kabupaten Pulang Pisau.

(Baca Juga : Kalteng, Provinsi Ke - 12 Yang Dilewati Kirab Pemuda 2018 )

“Alhamdulilah antusiasmenya luar biasa sekali, sebenarnya hari ini targetnya 500 dosis, tetapi karena antusiasme masyarakat luar biasa supaya anak-anaknya mendapat vaksin, jadi dosis vaksin ditambah menjadi 1.000 pada hari ini. Apabila tidak selesai pada hari ini berlanjut pada hari Sabtu dan Minggu”, ucap Ivo Sugianto Sabran.

Ivo Sugianto Sabran mengatakan sampai saat ini sudah 19.000 anak-anak yang terseber di seluruh Kalteng yang mendapat vaksin untuk Tahap pertama. 

“Sejauh ini juga anak-anak yang di vaksin di seluruh Kalteng sudah 19.000, mudah-mudahan sampai Tahun 2022 bisa mencapai targetnya”, imbuhnya.

Ivo menuturkan tujuan dari vaksinasi ini selain menghindari anak-anak dari penyebaran Covid-19, tentunya sebagai persiapan anak-anak melakukan pertemuan tatap muka (PTM) di Sekolah.

“Dengan mendapatkan vaksin diharapkan anak-anak sudah tercipta kekebalan imunnya jadi lebih aman tentunya anak-anak pergi ke Sekolah”, pungkasnya.


Sementara itu, Pj. Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin saat menyampaikan laporannya mengatakan pelaksanaan Vaksinasi hari ini dilaksanakan untuk mewujudkan upaya Pengendalian Covid-19 serta Percepatan Vaksinasi bagi anak-anak di Kalteng. Vaksinasi anak usia 6-11 Tahun ini dilakukan secara bertahap. Pada tahap pertama, vaksinasi dilaksanakan di Provinsi dan Kabupaten/Kota dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70% dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60.

H. Nuryakin mengungkapkan kegiatan ini merupakan hal yang sangat istimewa diakhir penghujung Tahun 2021. Diharapkan pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini bisa mendukung kegiatan pembelajaran tatap muka secara langsung bisa berjalan dengan aman dan terlindungi serta bisa segera direplikasi di seluruh daerah di Kalteng.

Pada kegiatan ini, seluruh Peserta vaksin mendapat hadiah berupa tas/buku/peralatan sekolah. Dalam kegiatan ini juga, disediakan doorprize berupa 83 unit sepeda, 1 buah kipas angin, 9 pcs tas purun, 182 pcs bingkisan ATK dan 100 minuman susu.


Turut hadir para Staf Ahli Gubernur, Asisten Setda dan Kepala Perangkat Daerah Terkait Lingkup Prov. Kalteng serta Para Tenaga Kesehatan dan Vaksinator.(WDY/Foto:Asef)

 

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook